Pengembangan Media Pembelajaran IPA pada Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Berbasis Multimedia Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5503Keywords:
Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media e-Modul terhadap hasil belajar siswa tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan. Penelitian ini dilakukan di kelas V Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode penelitian dan pengembangan (RnD). Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Obsevasi, angket, dan dokumentasi. Hasil lembar analisis yang kami dapatkan kelas V Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang belum menggunakan media e-Modul adalah memiliki rata-rata 27,6, yang maknanya nilai mereka belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan hasil belajar siswa setelah mengaplikasikan media e-Modul memiliki nilai rata-rata yaitu 86,2 yang berarti mencapai kkm, yang membuat pembelajaran menjadi jauh lebih efektif lagi. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai yang sangat signifikan. Dari hasil validasi dapat di simpulkan bahwa penggunaan media e-modul terbukti sangat membatu dalam proses belajar siswa.
References
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.
Dewi, G. P. F. (2012). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Faqih, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD Siswa Kelas IV SDN Mojokerto. Gamatika, 5(1).
Firmantoro, E. R. K., Anton, A., & Nainggolan, A. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Hewan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 13(2), 15-23.
Muslimin, I., et.al. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Nugraha, M. F. E., Rostina, R., Kisviantari, R. S., Rahayu, T. K., Febrilianan, M. D., Fahrezy, F. F. D., & Aldo, D. (2022). Sistem Informasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Berbasis Multimedia Interaktif. Jursima: Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen, 10(1), 67-76.
Widjoyo, F. A. (2011). Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Flora dan Fauna Indonesia Menggunakan Macromedia Director Max. Skripsi, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informasi dan Komputer Amikom.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dwi WahyuniAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).