Pengembangan Media Video Animasi Kartun Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Sella Pebriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Dea Mustika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5593

Keywords:

Video Animasi, Validitas, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media video animasi kartun pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 1 untuk siswa kelas V dan mengetahui validitas media pembelajaran video animasi kartun. Metode ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu 1) tahap analisis terdiri dari analisis guru dan siswa, kurikulum, analisis lingkungan belajar; 2) tahap design terdiri dari menentukan sumber dan menentukan software; 3) tahap pengembangan yaitu proses merealisasikan rancangan menjadi sebuah produk dan menguji validasi terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi kartun memenuhi kriteria sangat valid ditinjau dari berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Pada aspek materi memperoleh presentase 95,30% dengan kategori sangat valid, aspek desain 85,29% dengan kategori sangat valid, dan aspek bahasa 98,17% dengan kategori sangat valid. sehingga media video animasi kartun ini memperoleh rata-rata 93% dengan kriteria sangat valid tanpa revisi. 4) tahap implementasi, yaitu tahap uji coba media video animasi kartun kepada 5 orang siswa untuk mengetahui kemudahan media video animasi kartun tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2.

References

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1056

Dafit, F., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4889–4903. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1565

Fabiana Meijon Fadul. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Tema 7 Subtema 3 Untuk Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru. Universitas Islam Riau, 5, 8. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengembangan+media+pembelajaran+berbasis+videi+animasi+pada+tema+7+subtema+3+untuk+siswa+kelas+IV+SDN+104+pekanbaru&btnG=#d=gs_qabs&t=1675007245389&u=%23p%3DnS1V1fVL-IQJ

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengambdian Kepada Masyarakat (Jpkm), 1(2), 34–41.

Kasus, S., Mahasiswa, P., Pahlawan, U., Tambusai, T., Sari, E. N., Farhas, R. J., Zulmi, S., Zakky, M. A., Ekonomi, F., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2022). INNOVATIVE?: Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Smartphone. 1, 688–695.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/104

Prasetya, F., Fahrozy, N., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu. 6(2), 3093–3101.

Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530

Putri, S. R., & Lena, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Improving Student Learning Outcomes in Integrated Thematic Learning Using Video Media in Class V SD Abstract. 8.

Qorinasari, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Melalui Penggunaan Media Video Animasi Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Negeri Polokarto 03 Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(2), 168–176. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7321

Siti, G. W., Marlini, S. C., & Helminsyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup Di Sekitar Kita Untuk Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–24.

Sukmawati, D., Mustika, D., & Riau, U. I. (2021). VALIDITAS MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF KELAS IV SEKOLAH DASAR. 2(02), 487–498.

Syahputra, H., & Mustika, D. (2022). Validitas Bahan E-Module Berbasis Android pada Operasi Count Fractional Kelas V SD. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(02), 163–171. http://civiliza.org/journal/index.php/ijois/article/view/114%0Ahttp://civiliza.org/journal/index.php/ijois/article/download/114/98

Widia Tita Nila, & Dea Mustika. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) materi Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 412–424.

Downloads

Published

05-03-2023

How to Cite

Pebriani, S. ., & Mustika, D. . (2023). Pengembangan Media Video Animasi Kartun Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2468–2477. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5593

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check