Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keanekaragaman Hayati pada Siswa Kelas X IPA I MAN I Kuburaya Tahun 2022

Authors

  • Saumi Setyaningrum Prodi PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Indonesia , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5749

Keywords:

Team Games Tournament, Hasil Belajar, Keragaman Hayati, Kubu Raya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai Hasil belajar materi keanekaragaman hayati pada siklus I menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada peserta didik kelas X MAN I Kuburaya tahun pelajaran 2021/2022. Langkah-langkah pembelajaran model pembelajaran Team Games Tournament pada peserta didik kelas X MAN I Kuburaya tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di MAN I Kuburaya dengan sumber data adalah peserta didik kelas X IPA I. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes berupa butir soal pilihan ganda dan mechanical device. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Hasil belajar materi keanekaragaman hayati menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada peserta didik kelas X IPA I MAN I Kuburaya tahun pelajaran 2021/2022 pada siklus I adalah 46,42% peserta didik yang mencapai ketuntasan Langkah-langkah pembelajaran dari model pembelajaran Team Games Tournament  pada peserta didik kelas X IPA I MAN I Kuburaya tahun pelajaran 2021/2022 pada siklus I terlaksana sebesar 95,83% dan pada siklus II terlaksana sebesar 100%.  Hasil belajar materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada peserta didik kelas X IPA I MAN I Kuburaya tahun pelajaran 2021/2022 pada siklus II adalah 75% peserta didik yang mencapai ketuntasan. Peningkatan hasil belajar materi keanekaragaman hayati menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada peserta didik kelas X MAN I Kuburaya tahun pelajaran 2021/2022 dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,58%.

References

Ahyar, Dasep. 2021. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pradina Pustaka.

Arikunto, S. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astawan, I.G. 2020. Panduan Implementasi Model Pembelajaran Trikaya Parisudha di Sekolah Dasar. Bali:Undiksha Press.

Danim, Sudarwan. 2013. Pengantar Kependidikan: Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Darmodjo, A.H., dan Kaligis, R.E. 2020. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Departemen Agama Republik Indonesia. 1994. Al-Qur’an dan Terjemahannya: Surah Ar-Ra’d ayat 4. Jakarta: PT. Kumudasmoro Grafindo Semarang.

Dimyati., dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Fathuttohman, M. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Ghony, Djunaedi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN Malang Press.

Khairawati., dan Wahidah, A.N. 2018. Menara Penelitian:Mudah Memahami & Mengaplikasikan Rancangan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Mushafanah, Q., dan Yanti, N,R. 2014. Modeal Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Cita-Citaku Kelas IV SD N 6 Suwawal. Malih Peddas. Vol. 4 (1).

Octavia, A. S. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, A.W., Suarjana, I.M., dan Widiana, I.W. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Hidden Chart Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Sukasada. Mimbar PGSG Undiksha. Vol. 3 (1).

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undangang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 dan 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rusman. 2013. Model-Model Pemebelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. 2009. Staretegi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Kewarganegaraan Tentang Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pembelejaran 2009/2010. Surakarta: Fakultas Perguruan dan Ilmu Pendidikan UMS.

Umam, A.K. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Bebantuan Media Ular Tangga Misteri Terhadap Pemahaman Materi IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD N Sawangargo, Kecamatan Salaman, Kabapuaten Magelang Tahun Ajaran 2020/2021. UNIMMA Journal. Vol. 2(1).

Wahyuni, K.M., Putra, M., dan Darsana., I.W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Turnament (TGT) Melalui Variasi Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Batuan Sukawati Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 2 (1).

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Wulandari, A.A.R. 2014. Pengaruh Penerapan Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sanur pada tahun ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 2 (1).

Zainal, A. 2006. Model Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Downloads

Published

24-03-2023

How to Cite

Setyaningrum, S. . (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keanekaragaman Hayati pada Siswa Kelas X IPA I MAN I Kuburaya Tahun 2022 . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3512–3522. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5749

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check