Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri

Authors

  • Pendit Gustanu Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Sri Surachmi W Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
  • Gunawan Setiadi Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5752

Keywords:

Aplikasi Quiz-quizizz, Kurikulum Merdeka, Implementasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pemanfaatan, dan evaluasi aplikasi Quiz-quizizz sebagai media pembelajaran IPAS di kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri yang dilihat dari dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan mengambil 9 kali sampel dalam penelitian ini, yaitu : guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media aplikasi quiz-quizizz sangat cocok diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, karena dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya tiga sudut penelitian. Dari sudut perencanaan bahwa media quiz-quizizz adalah media pembelajaran yang cocok diterapkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka karena media ini memiliki fitur game, berbasis teknologi. Sedangkan dari sudut pemanfaatan media aplikasi quiz-quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan dibuktikan bahwa siswa lebih antusias dan tertarik dalam belajar. Dari sudut evaluasi media aplikasi quiz-quizizz memeliki kelebihan diantaranya media ini mempunyai fitur game, berbasis online, dan sangat cocok diterapkan dalam unsur  pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, dan Collaboration (4C).

References

Aini, Y. I. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).

Caesariani, N. A. 2018. Pemanfaatan Multimedia Interaktif pada Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 832-840.

Salamah, D., & Maryono, M. 2022. Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.

Sari, W. N. 2022. Analisis Komunikasi dalam Pembelajaran Kelas III Berbasis NHT Melalui Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 943-947.

Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. 2022. Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2795-2800.

Shodiq, I. J. F., & Zainiyati, H. S. 2020. Pemanfaatan media pembelajaran E-Learning menggunakan Whastsapp sebagai solusi ditengah penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144-159.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Downloads

Published

24-03-2023

How to Cite

Gustanu, P. ., Surachmi W, S. ., & Setiadi, G. . (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3543–3550. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5752

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check