Pengembangan Aplikasi YUBEASNA (Yuk! Belajar Asmaul Husna) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD

Authors

  • Dea Delita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang, Indonesia
  • Ina Nailul Amaniah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang, Indonesia
  • Tsaqila Ziyan Ahda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5914

Keywords:

Aplikasi, Asmaul Husna, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar, Teknologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan media pembelajaran (Aplikasi) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk  membantu siswa dalam memahami Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik. Metode yang digunakan adalah Design and Development (D&D). Penelitian ini menggunakan produk yang dirancang oleh kelompok bernama YUBEASNA (Yuk! Belajar Asmaul Husna). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Talun. Penelitian ini juga melakukan observasi dan memberikan angket kepada guru sekolah dasar. Setelah data penelitian ini diolah, ditemukan beberapa hasil: berdasarkan analisis penilaian, pengetahuan dan pengalaman siswa dapat diketahui bahwa siswa secara keseluruhan masih belum bisa memahami mengenai Asmaul Husna. Dari hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa produk YUBEASNA dianggap layak sebagai media pembelajaran yang sesuai diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas 1 karena sesuai dengan karakteristik usia siswa sekolah dasar.

References

Aeni, A. N. (2011). Menanamkan Disiplin Pada Anak. Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 9(1), 17–29.

Aeni, A. N. (2015). Menjadi Guru Sd Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz (Odoj). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212–223. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331

Agustina, I., Astuti, D., & Sumarni, R. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MANDIRI DEPOK. 24(2), 695–701.

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks?: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417

Richey, C Rita and Klein, D James, (2007), Design and Development Research Metdhods, Strategies and Issues, Lawrence Erbaum Associates, Inc.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Strategies and Issues, Lawrence Erbaum Associates, Inc.

Yusuf, T. F. M., Nurhidayah, R., Monika, T. S., Lestari, W., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan EMODI (E-Modul Interaktif) Materi Akhlak Terpuji dalam Pembelajaran Agama Islam Kelas 6 SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 739. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1065

Downloads

Published

07-04-2023

How to Cite

Delita, D. ., Amaniah, I. N. ., Ahda, T. Z. ., & Aeni, A. N. . (2023). Pengembangan Aplikasi YUBEASNA (Yuk! Belajar Asmaul Husna) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4236–4244. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5914

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check