Pemanfaatan Aplikasi Aykebu untuk Memperkenalkan Kebudayaan Islam pada Siswa SD

Authors

  • Anggi Niswa Mustasphia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Indonesia
  • Syfa Sahbani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Indonesia
  • Yuli Wahyuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5920

Keywords:

Aplikasi AYKEBU, Media Pembelajaran, D&D, Sekolah Dasar

Abstract

Handphone menjadi alat yang sering orang cari untuk berkomunikasi dan mencari informasi, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Dengan begitu kami memanfaatkan aplikasi AYKEBU sebagai media pembelajaran di SD. Sasaran pengguna aplikasi AYKEBU ini adalah kelas 5 SD dan guru PAI. Dengan aplikasi AYKEBU kami berharap akan menjadi upaya untuk memberikan memotivasi kepada siswa dalam mata pelajaran PAI, sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi AYKEBU terhadap pengetahuan kebudayaan di kelas 5 SD, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PAI siswa kelas 5 SD sebelum dan setelah penggunaan aplikasi AYKEBU. Metode penelitian yang kami gunakan yakni metode jenis penelitian Model Design and Development (D&D). Sekolah Dasar yang kami tuju berada di Desa Cigintung Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dan kepuasan siswa terhadap penggunaan aplikasi AYKEBU dalam proses pembelajaran dan angket guru PAI menunjukkan kelayakan dalam aspek materi dan aspek media.

References

Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749

Bobby, S., & Bobysusanto. (2014). Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli. Http://Www.Spengetahuan.Com/2016/06/10-Pengertian-Aplikasi-Menurut-Para-Ahli-Lengkap.Html, 12.

Destriani, D., & Warsah, I. (2022). Pemanfaatan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 175–190. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.557

Ependi, U., & Sopiah, N. (2015). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai. Ilmiah MATRIK, 17 No 2(3), 109–122.

Hamadi, M. R., Lumenta, A. S., & Putro, M. D. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam. Jurnal Teknik Informatika, 12(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/17791

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Marzali, A. (2017). Agama dan Kebudayaan. Umbara, 1(1), 57–75. https://doi.org/10.24198/umbara.v1i1.9604

Mu’ah, M., Suyanto, U. Y., Romadhona, D., Hidayati, N., & Askhar, B. M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 122–128. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3986

Permatasari, D., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Youtube Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 10. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1164

Putri, D. E., & Mandala, E. P. W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Pendidikan Anak sebagai Penunjang Pembelajaran. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 28(2), 42–47. https://doi.org/10.35134/jmi.v28i2.69

Qalam, A., Ilmiah, J., Patriamurti, Y. D., Salbilla, A. S., Bilqis, A., & Alya, A. (1907). MEMPERKENALKAN TRADISI NGALAKSA PADA SISWA SD KELAS V Universitas Pendidikan Indonesia , Jawa Barat , Indonesia Abstrak kebutuhan hidup yang kompleks berupa bentuk pengetahuan , kepercayaan , seni , aturan , dan sabda Nabi Muhammad SAW sebagai dasar dari . 16(4), 1398–1408.

Downloads

Published

07-04-2023

How to Cite

Mustasphia, A. N. ., Sahbani, S. ., Wahyuni, Y. ., & Aeni, A. N. . (2023). Pemanfaatan Aplikasi Aykebu untuk Memperkenalkan Kebudayaan Islam pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4289–4295. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5920

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check