Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android sebagai Media Edukasi Ritual Puja Bakti Tantrayana

Authors

  • Riyan Gunawan Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita, Indonesia
  • Aprilia Anggraini Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita, Indonesia
  • May Tria Agustina Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita , Indonesia
  • Juni Suryanadi Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, STIAB Jinarakkhita, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6069

Keywords:

Media Interaktif, Puja Bakti Tantrayana

Abstract

Pemanfaatan teknologi merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan dalam upaya penyebaran ajaran Buddha. Masalah yang sering dihadapi oleh umat Buddha adalah minimnya sumber bacaan untuk diakses sehingga pemahaman mengenai Ritual Puja Bakti khususnya Tantrayana saat ini sangat kurang. Dengan demikian, maka sangat dibutuhkan suatu media untuk memberikan pengetahuan kepada umat Buddha tentang Ritual Puja Bakti Tantrayana yang mudah diakses melalui Handphone berbasis Android. Media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media. metode pelaksanaan pengembangan yang dapat digunakan oleh peneliti dalam membuat produk, namun pada pembahasan ini kami akan membahas mengenai penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Hasil validasi ahli media terhadap seluruh aspek yang dinilai adalah sebesar 3,72 dengan kategori sangat baik.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W. R. and M. D. G. (1989). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman.

Croteau, D., & Hoynes, W. (2014). Introduction to Media and Society. Sage Publications.

Ismoyo, T., Rapiadi, R., & Susanto, S. (2021). Peran Majelis Buddhayana Indonesia (Mbi) Terhadap Penanaman Nilai Intersektarian Pada Masyarakat Buddha Di Lampung. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 3(1), 31–41. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i1.12

Kats, J. (1910). Sang Hyang Kamahayanikan. ’s Gravanhage: Martinus Nijhoff.

Munir. (2013). Multimedia. Bandung: ALFABETA, CV.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Noerhadi, M. (1982). Pemujaan Tathagata di Jawa pada Abad Sembilan. Universitas Indonesia: Jakarta.

Poerbatjaraka, R. N. (1951). Riwayat Indonesia I. Penerbit Yayasan Pembangunan: Jakarta.

Pott, P. (1966). Yoga and Yantra, Translation Series 8. Martinus Nijhoff:Leiden.

Saprudin, Cahya, I., Wijoyo, A., & Prasetio, S. M. (2020). Pembelajaran Multimedia (Studi Kasus?: Smk Indonesia Global). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1, 63–70. http://openjournal.unpam.ac.id/

Sunaryo. (2021). Pengenalan Mahayana dan Ritualnya. Artikel Evaluasi. http://artikel-evaluasi.blogspot.com

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK?: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Zainal, A. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zoetmulder, P. (1982). Old Javanese-English Dictionary 3 Jilid. ’s Gravanhage: Martinus Nijhoff.

Downloads

Published

21-04-2023

How to Cite

Riyan Gunawan, Aprilia Anggraini, May Tria Agustina, & Juni Suryanadi. (2023). Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android sebagai Media Edukasi Ritual Puja Bakti Tantrayana. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 154–158. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6069

Issue

Section

Articles of Community Service

Citation Check