Rancang Bangun Simulasi Virtual Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Area Kilang Pertamina
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6604Keywords:
Virtual Reality, Kesehatan dan Keselamatan, Kilang PertaminaAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan berbagai macam inovasi-inovasi baru dari teknologi. Teknologi virtual dapat memudahkan dalam memberikan informasi pemakaian APD yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh beberapa perusahaan, termasuk Pertamina. Pesatnya perkembangan teknologi yang telah memunculkan banyak inovasi baru dari teknologi, salah satunya adalah teknologi virtual reality (VR). Memanfaatkan teknologi virtual reality dalam menghasilkan metode pelatihan keselamatan kerja. Aplikasi Simulasi Virtual Kesehatan dan keselamatan Kerja di Area Kilang Pertamina dengan rancangan sesuai dengan Standar kerja Pertamina dan dapat diakses melalui Android dengan controller nya Oculus Quest 2. Aplikasi Simulasi Virtual Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Area Kilang Pertamina yang dikembangkan tergolong dalam kriteria “layak dan tanpa perlu revisi” dengan skor rata-rata keseluruhan 95 % sehingga media pembelajaran memenuhi aspek kevalidan.
References
Ahmad, Abu. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning. Jurnal Teknologi Indonesia
Bagus, I., & Mahendra, M. (2016). Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk. Jurnal Ilmiah ILMU KOMPUTER Universitas Udayana, 9(1), 1–5.
Frans, V. P., Anantadjaya, S. P., & Lahindah, L. (2013). Biaya Dan Manfaat Dari Alat Pelindung Diri?: Studi Kasus Di Depot Lpg Pt . Pertamina ( Persero ), Tanjung Priok , Jakarta , Indonesia. Finance & Accounting Journal, 02(02), 43–59.
Kurniawan, D. A., Sugiarso, B. A., Elektro, T., Sam, U., & Manado, R. (2019). Pengenalan Alat Musik Bambu Menggunakan Augmented Reality 3 Dimensi. 14(3), 291–302.
Mafra, R., Riduan, R., & Zulfikri, Z. (2021). Analisis Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Peserta Pelatihan Keterampilan Tukang dan Pekerja Konstruksi. Arsir, 5(1), 48. https://doi.org/10.32502/arsir.v5i1.3362
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86. https://doi.org/10.26623/transformatika.v14i2.442
Pangau, L. Y. D., Kaunang, S. T., & Lumenta, A. S. M. (2019). Game Based Education?: Pengenalan Peristiwa Sejarah Permesta di Minahasa. Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 203–208. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/23995/23680
Rachmawati, P. (2017). Kesehatan Keselamatan Kerja pada UKM Industri Batik Tulis Dengan Pendekatan HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control). Seminar Nasional Mesin Dan Industri (SNMI XI) 2017, April, 327–334.
Rahayu, F. D. (2018). Hubungan Antara Kesehatan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan. JOurnal Psikologi, 5(2), 58–64.
Riyadi, F. S., Sumarudin, A., & Bunga, M. S. (2017). Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(2), 75. https://doi.org/10.26798/jiko.2017.v2i2.76
Saurik, H. T. T., Purwanto, D. D., & Hadikusuma, J. I. (2019). Teknologi Virtual Reality untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 71. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019611238
Tejawati, A., Saputra, M. B., Firdaus, M. B., Fadli, S., Suandi, F., & Anam, M. K. (2019). Media Promosi Penangkaran Rusa Sambar (Rusa Unicolor) Sebagai Ekowisata Di Penajam Paser Utara Berbasis Virtual Reality. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 2(2), 52. https://doi.org/10.36595/jire.v2i2.118
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.
Departemen Tenaga Kerja. (1970). Undang-undang Republik Indonesia NO.1 tahun 1970 tentang Keselamatan kerja. Jakarta: Departemen Tenaga Kerja.
Arifin. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).