Penerapan Permainan Kartu UNO sebagai Media Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Batang Anai

Authors

  • Widya Nofetri Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Oknaryana Oknaryana Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Padang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6620

Keywords:

Kartu Uno Media Pembelajaran Ekonomi, Hasil Belajar, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran ekonomi pada kelas XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dan subyek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan penerapan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran ekonomi kelas XI SMAN 1 Batang Anai mengalami peningkatan.

References

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Aulya, R. (2021). Media Pembelajaran Berbentuk Kartu dengan Metode Permainan UNO pada Materi Protista. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 421–428. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34743

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 173–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Isnaeni, N. F. (2013). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Julhadi. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik:Ditinjau dari Media Komputer dan Motivasi. Edu Publisher.

Lestari, N. D., Suryana, Y., & Elan. (2018). Pengaruh Media Kartu Permainan Uno terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Membandingkan Pecahan Sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah, 5(2), 193–203.

Nurnazathul, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lengayang. Universitas Negeri Padang.

Pahlevi, U. T. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31.

Rahmawati, A. M., & Kurniawan, R. Y. (2017). Analisis Hasil Pengembangan Media KOKAMI (Kotak dan Kartu Misterius) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Belajar SMP-SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 1–5.

Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2018). Peran Permainan Kartu UNO Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 72.

Ratna, R., & Achmad, L. (2015). Kelayakan Permainan UNO CARD Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pokok Struktur Atom. 4(2), 186–194.

Rumiyati. (2021). Model Talking Stick:Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. PT. Nasya Expanding Management.

Saulia, T. R., Hadriana, & Rahayu, N. (2022). Pengembangan Media Kartu UNO pada Pembelajaran Kanji. JOM FKIP UIR, 9(2), 1–8.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3), 368–378.

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137.

Winata, H. (2017). Media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa ( Learning media has an influence on motivation to learn ). jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 2(1), 27–33.

Witantyo, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

28-05-2023

How to Cite

Nofetri, W. ., & Oknaryana, O. (2023). Penerapan Permainan Kartu UNO sebagai Media Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5833–5839. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6620

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check