Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter pada Mata Pelajaran Administrasi Umum
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8079Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Mentimeter, Administrasi UmumAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif mentimeter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang; kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif mentimeter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang; dan respons peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif mentimeter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar angket respons peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi, analisis validasi ahli media, dan analisis lembar angket respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran interaktif mentimeter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dari Thiagarajan dan hanya dilakukan sampai tahap develop karena tidak mengukur keefektifan produk. Kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif mentimeter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang mendapatkan skor 96,42% dari validasi ahli materi dengan kriteria interpretasi sangat kuat dan mendapatkan skor 99,37% dari validasi ahli media dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Respons peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif mentimeter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang mendapatkan skor 96,17% dengan kriteria interpretasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
References
Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemrograman Web Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626
Ariani, D. P., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Live Quiz pada Materi Mail Handling di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14800–14815. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4759%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4759/4032
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Phsics Education Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2).
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. IV, 27–48.
Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., Sholihat, A., & Latifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21, 38–50.
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).
Mohin, M., Kunzwa, L., & Patel, S. (2020). Using Mentimeter to Enhance Learning and Teaching in a Large Class. 1–25.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–351. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Parnawi, A. (2020). Psikologi Belajar Siswa (Issue Oktober). Deepublish. https://www.belbuk.com/psikologi-belajar-edisi-revisi-2011-p-9736.html
Putra, H. M. R., & Andriansyah, E. H. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Kontekstual Berbantuan Mentimeter dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–13.
Rahayu, W. A., Riska, S. Y., Widayanti, L., Kala’lembang, A., & Sapoetra, Y. A. (2022). Edukasi Pembuatan Media Presentasi Interaktif dengan Memanfaatkan Mentimeter. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 206–214.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sadiman. (2014). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali Press.
Safitri, R., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Gather Town pada Materi Rapat di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3). https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p223-232
Sakti, K. P., Widyatmoko, T., & Mardasari, O. R. (2022). Penggunaan Media Mentimeter Pada Pembelajaran Daring Bahasa Mandarin Kelas XI SMAN 1 Malang. Journal of Language, Literature, and Arts, 217–227. https://doi.org/10.17977/um064v2i12022p217-227
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Wahono, R. S. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. https://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/
Wardani, K. K., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Komunikasi Telepon dalam Bahasa Inggris di SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan?: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i1.5005
Wati, L. I., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 65–76. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p65-76
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349–361. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Angger Elysa PutriAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).