Efektivitas Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Yogyakarta

Authors

  • Sepya Indah Wulandari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • M. Bayu Wargana Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8320

Keywords:

Metode Pembelajaran, Role Playing, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode role playing dibandingkan dengan metode konvensional untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII E dan VIII F. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran role playing lebih efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Hal ini didukung oleh hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 yang berarti metode pembelajaran role playing lebih efektif dari pada menggunakan metode pembelajaran konvensional yang biasa digunakan. Dan berdasarkan uji perbedaan rata-rata juga menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan peningkatan rata-rata kelas kontrol dengan selisih nilai sebesar 25,056. Berdasarkan uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa SMP Negeri 6 Yogyakarta.

 

References

Asrika, N., Harini, E., & Agustito, D. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 185–192. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7958

Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Pythagoras Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 87. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.87-90

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684

Indrayany, E. S., & Lestari, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mandiri Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandingan. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i2.115

Joni, Sumianto, & Oktavia, S. (2022). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Pematangsiantar Juli. Journal On Teacher Edication, 4, 1646–1654.

Jusmawati, J., Satriawati, S., & R, I. (2018). Pengaruh Motivasi Berafiliasi Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa Sd Inpres Perumnas Antang Kota Makassar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 158–165. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1571

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., ????, ?., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Permana, G. P. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Uang Kertas menggunakan Model Role Playing Siswa Kelas II SD Negeri 3 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 53–67. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.47

Purwitasari, D. ., Astawa, I. W. ., & Sudiarta, I. G. . (2019). Penerapan Blended Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii a1 Smp Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 50–59. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2852

Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. RAINSTEK?: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574

Downloads

Published

25-07-2023

How to Cite

Wulandari, S. I. ., Nuryadi, N., & Wargana, M. B. . (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12142–12147. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8320

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check