Pengaruh Pemanfaatan Media Domino Asyik (Dosyik) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Memperkuat Komitmen Kebangsaan di SMPN 2 Sekaran Kabupaten Lamongan

Authors

  • Dia Novitasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8724

Keywords:

Pembelajaran PPKn, media dosyik, hasil belajar

Abstract

Mengatasi hasil belajar rendah pada pembelajaran PPKn dengan menghadirkan media. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan media domino asyik terhadap hasil belajar peserta didik di SMPN 2 Sekaran kabupaten Lamongan. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah suluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 48, sedangkan sampel penelitian jumlah dari populasi dibagi menjadi dua. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hipotesis alternatif yang diuji yakni terdapat pengaruh pemanfaatan media domino asyik terhadap hasil belajar peserta didik pada materi memperkuat komitmen kebangsaan. Hasil penelitian diperoleh bahwa media domino asyik berpengaruh terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat dari 53 menjadi 77,29 dan dilakukan uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh nilai Z sebesar -2,753 dan taraf signifikan (0,006 < 0,05). Maka, Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik pada materi memperkuat komitmen kebangsaan di SMPN 2 Sekaran kabupaten Lamongan

References

Astuti, Mardiah. 2022. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Darmawan, Deddy, Cecep K. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Firmansyah, Arif, dkk. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3 (1): 90-103.

Gimin, Putri Mustika, dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Domino Terhadap Motivasi Belajar PPKn siswa kelas X SMK Labor Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa. Vol. 5: 01-15.

Jamaludin, Ujang, Mega K. 2023. Pengaruh Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol 10 (2): 341-354.

Peraturan Menteri Dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rauzana, Nila. 2021. Pengaruh Media Permainan Ludo Smart Pada Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II MIS Lamgugob. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Rosa, Anggit Gurnita. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa: Eksperimen Pada Kelas XI Akuntansi 341 SMK Negeri 1 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. Thesis diterbitkan: http://repository.upi.edu/22059/. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Simamora, Reny S., Najuah, Ricu S. 2022. Games Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utari, Eka Dwi, Syarifuddin. 2020. Media Pembelajaran (Dari masa Konvensional Hingga Masa Digital. Palembang: Bening Media Publishing.

Wicaksono, Anggit Grahito. 2020. Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya). Banjarmasin: UNISRI Press.

Downloads

Published

08-08-2023

How to Cite

Novitasari, D., & Listyaningsih, L. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Domino Asyik (Dosyik) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Memperkuat Komitmen Kebangsaan di SMPN 2 Sekaran Kabupaten Lamongan . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14731–14740. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8724

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check