Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3D Berbasis Aplikasi Z-Cut dan CapCut pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Materi Fotosintesis di SDN 1 Wajakkidul Boyolangu Tulungaung

Authors

  • Dimas Ergantara Universitas Bhinneka PGRI Tulungaung , Indonesia
  • Eka Yuliana Sari Universitas Bhinneka PGRI Tulungaung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8751

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, IPAS, Fotosintesis

Abstract

Media pembelajaran adalah komponan yang memiliki peran penting di dalam pelaksanaan pembelajaran, permasalahan yang sering dijumpai yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran pada saat pelaksanaan pembelajaran dan juga penggunaan sumber belajar yang masih kurang.  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan dan keterterapan dari media pembelajaran video animasi yang dikembangkan sebagai alat bantu pembelajaran di SD. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan desain uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil penelitian kelayakan media menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi 3 dimensi memiliki tingkat kelayakan dan keterterapan yang baik ditinjau dari angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil validasi ahli media mendapatkan presentase 87,5%, ahli materi mendapatakan presentase 80% dan ahli bahasa mendapatkan presentase 92,5%. Hasil angket respon siswa menunjukkan hasil Sangat Baik, dengan presentase 80% kategori Sangat Baik dan 20% kategori Baik. Berdasarkan temuan ini, bisa disimpulkan bahwa video animasi memiliki tingkat kelayakan dan keterterapan yang baik.

 

References

Abdul wahid. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5.

Aboe, M. R. (2020). Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Speaking. Jurnal Penelitian Humano, 11(1), 33–38.

Andari, I. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(1), 263–275.

Ariana, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. 1–23.

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Azhar Arsyad. (2019). Media Pembelajaran (Depok: Rajagrafindo Persada, 2019), 3. 10. 10–23.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI / SD CV Graha Edu.

Darussa, S. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN 7(2), 809–820.

Ilmiah, I., Muhsinin, U., & Azim, F. (2022). Peningkatakan Pemahaman Peserta Didik Kelas Iv Pada Pembelajaran Tematik Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Capcut Di Min 4 http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11067

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review?: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kadarsih, K., & Andrianto, S. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Web Untuk Anak Usia Dini Dengan Construct 2. JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, 03(2), 37 44.

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166.

Learning, N. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran. 1–6.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

09-08-2023

How to Cite

Ergantara, D., & Sari, E. Y. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3D Berbasis Aplikasi Z-Cut dan CapCut pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Materi Fotosintesis di SDN 1 Wajakkidul Boyolangu Tulungaung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14882–14894. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8751

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check