Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Lestariani Hulu Universitas Nias, Indonesia
  • Arozatulo Bawamenewi Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8872

Keywords:

Media Pembelajaran berbasis komik, 4-D, Valid, Praktis, Efektif

Abstract

Pada penelitian ini, yang menjadi permasalahan utama adalah penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat monoton dalam proses kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Dari permasalahan tersebut perlu diciptakan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis komik yang dapat mendukung proses kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media, validitas, kepraktisan dan efektivitas terhada media komik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Dissiminate). Instrument yang digunakan adalah berupa angket yang disebarkan kepada subjek uci coba. Hasil pengumpulan data diperoleh persentase dari media komik yaitu 85,7% ahli materi, 100% ahli bahasa, 91,6% ahli desain, Kepraktisan media pembelajaran berbasis komik pada uji perorangan 86,6%, uji kelompok kecil 90% dan uji lapangan 92%. Efektivitas media pembelajaran juga telah teruji sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,3%.Dari perolehan data tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis komik sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Al-tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontektual. Jakarta: Kencana.

Bawamenewi, Arozatulo (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memparafrasekan Puisi "Aku" Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal JRPP, 2(2), https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.631

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. Diambil dari http://www.aftanalisis.com

Handoyo, A. D., & Zulkarnaen. (2019). Faktor-faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 21–24. Diambil dari https://bimawa.uad.ac.id/wp-content/uploads/Paper-Seminar-Nasional-2.pdf

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembengan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Martin, M., Syamsuri, S., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 72–87. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1927

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelejaran Inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutirman, M. P. (2013). Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

12-08-2023

How to Cite

Hulu, L. ., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15820–15827. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8872

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check