Pembelajaran Berbasis Metaverse – Virtual Reality Menggunakan Spatial.io dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa

Authors

  • Rani Rasyida Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Enjang Ali Nurdin Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rasim Rasim Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8880

Keywords:

Metaverse, Virtual Reality, Spatial.Io, Minat Siswa, Pemahaman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak  pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi metaverse - virtual reality dengan menggunakan spatial.io pada mata pelajaran Informatika terhadap minat dan pemahaman siswa.  Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran berbasis metaverse-virtual reality menggunakan spatial.io dengan Model Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Informatika. Hipotesis penelitian menunjukan bahwa H1 diterima karena adanya peningkatan pada minat dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran berbasis metaverse-virtual reality dengan spatial.io. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada kelompok eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada aspek minat belajar siswa responnya lebih meningkat pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yang peningkatan minat belajarnya rendah.

 

References

____________. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud.

Aburbeian, A. M., & Owda, A. Y. (2022). A Technology Acceptance Model Survey of the Metaverse Prospects. 285–302.

Arikunto, S. (2006 :130). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Berta Sihite, Febriliyan Samopa, dkk. 2013. Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile Dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2, No. 2, (2013) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print). Deepak Chandel and Akshit Chauhan, 2014, Virtual Reality, International Journal of Science and Research, Volume 13, Issue 10, ISSN (Online) : 2319-7064

Isnawati, A, D., dan Dwikoranto., (2015), Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMA N 1 Mojosari, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (Jipf) UNS, Vol. 4 No.3 : 83 - 87.

Mystakidis, Stylianos. 2022. “Metaverse.” Encyclopedia 2(1):486–97. doi: 10.3390/encyclopedia2010031.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohim, dkk., (2012), Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Unnes Physics Education Journal : 2.

SK BSKAP No. 33 Tahun 2022 Perubahan SK BSKAP No. 8 2022 tentang Capaian Pembelajaran PAUD dan Dasmen pada Kurikulum Merdeka

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thorsett, P. (2002). Discovery Learning Theory: A Primer for Discussion. [online]tersedia:http://beceneslp.edu.mx/PLANES2012/3er%20Sem/Ingl %E9s%20A1/Ma terial/2/F)%20bruner_discovery_learning.pdf

Tidjan. (1976). Meningkatkan Minat Membaca. Meningkatkan Minat Membaca

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

12-08-2023

How to Cite

Rasyida, R., Nurdin, E. A., & Rasim, R. (2023). Pembelajaran Berbasis Metaverse – Virtual Reality Menggunakan Spatial.io dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15875–15882. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8880

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check