Rancang Bangun Virtual Lab Materi Persamaan Arrhenius dan Energi Aktivasi pada Praktikum Kimia Fisika II
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8944Keywords:
Virtual Lab, Simulasi, Augmented RealityAbstract
Teknologi yang trend saat ini khususnya bidang praktikum yaitu media virtual lab. Penggunaan virtual lab dapat mensimulasikan sesuatu yang rumit atau mengganti percobaan di lingkungan berbahaya seperti di laboratorium kimia. Kegiatan praktikum biasanya dilakukan di laboratorium konvensional, namun terdapat kendala mahasiswa hanya mengandalkan praktikum yang dilakukan di laboratorium karena belum memiliki alat praktikum mandiri serta mahalnya pembiayaan alat dan bahan. Metode yang digunakan dalam merancang aplikasi yaitu metode MDLC. Aplikasi ini kemudian diuji dengan hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi, aplikasi virtual lab Persamaan Arrhenius dan Energi Aktivasi yang dikembangkan tergolong kriteria “layak” dengan skor rata-rata keseluruhan 96% sehingga media pembelajaran memenuhi aspek kevalidan. Dengan tersedianya aplikasi virtual lab yang membahas langkah demi langkah yang akan dipraktikkan melalui interaksi pengguna dengan cara mensimulasikan percobaan dan mengikuti petunjuk penggunaanya serta pengguna dapat bereksperimen dengan bahan kimia tanpa khawatir tentang bahaya atau kerusakan yang mungkin terjadi dalam laboratorium fisik.
References
Arifin et al., (2020). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Biologi.
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 266–274
Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2022). Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 6(2), 135–141. https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1512
Endang, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Berbasis Augmented Reality Pada Praktikumelektronika Dasar Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika. Journal Repository Uin-Aluddin. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/19249/
Gunawan, G., Faiza, I. M., Santoso, N. A., & Kurniawan, R. D. (2022). Penerapan Metode MDLC Pada Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 201-210.
Irwan Nugraha. 2008. Pengrtian Kimia Menurut Para Ahli. Artikel Pendidikan dan Referensi Ilmu Pengetahuan Umum.
Jaya Hendra. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 1, Februari 2012.
KBBI (2021). https://kbbi.web.id/interaktif
Khaerudin, M., Srisulistiowati, D. B., & Warta, J. (2021). Game edukasi dengan menggunakan unity 3D untuk menunjang proses pembelajaran. Jsi (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(2), 263-272.
Kusumawati et al., (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Di Era Global. Journal Teknologi Pendidikan, 6(2),156-176.
Maghfiroh (2020). Dampak Teknologi Informasi (IT) terhadap Dunia Pendidikan. Journal of Chemical Education.
Manurung, P., (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Alfikru.
https://jurnal.staiserdanglubukpakam.ac.id/index.php/alfikru/article/view/3
Muhammed, dkk. 2019. Effects of Physical and Virtual Laboratories on the Achievement of Secondary School Geography Students in North Central Nigeria. Frontiers of Knowledge Journal Series. International Journal of Education and Educational Research ISSN: 2635-3636. Vol. 2 Issue 2 (September, 2019).
Mustaqim Ilmawan. (Juli 2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.13, No.2, Juli 2016, Hal:174 ISSN 2541-0652.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).