Efektifitas Apllikasi Math Master Kids untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Cacah bagi Anak Tunadaksa Kelas III di SDN 28 Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9001Keywords:
Aplikasi Math Master Kids, Kemampuan Penjumlahan Bilangan Cacah, Anak TunadaksaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di SDN 28 Sijunjung. Ditemukan seorang anak tunadaksa laki-laki dengan inisial R yang mengalami permasalahan dalam penjumlahan bilangan cacah 1 sampai 20. Solusi yang dapat diberikan dengan memberikan intervensi pada media pembelajarannya dengan menggunakan aplikasi math master kids. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research dan desain A-B-A. Dengan menggunakan desain A-B-A ini, peneliti dapat mengukur kemampuan anak dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah 1 sampai 20 sebelum diberikan intervensi dan kemampuan akhir atau kemampuan yang diharapkan pada anak setelah diberikan intervensi berupa pembelajaran menggunakan media aplikasi math master kids. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pada fase (A1) persentase kemampuan R yaitu 30%. Pada fase (B), persentase kemampuan R yaitu 60% - 80%. Pada fase (A2), persentase kemampuan R yaitu 80% - 90%. Dilihat dari data, terdapat peningkatan yang positif terhadap kemampuan R. Sehingga aplikasi math master kids efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan cacah bagi anak tunadaksa.
References
Claudia, S., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 210–221. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26382
Faira, Y., & Nurhastuti, N. (2022). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa Tunadaksa. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10, 7–14. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/117052%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/117052/106771
Muis, D. U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. 3(1), 1–14.
Pangestu, A. A., Putri, H. K., Syarief, N. S., Filkhaqq, T., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(2), 275–284.
Wahyu Dini Pangestu, Zulmiyetri, Y. H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Satu Sampai Lima Melalui Permainan Congklak Bagi Anak Tunagrahita Sedang. 2(September), 585–597.
Maisarah (Ed.). (2022). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. MEDIA SAINS INDONESIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Sandra Deviana SucitraAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).