Perancangan Media Pembelajaran Niad “Ninja Adventure” Berbasis Mobile Pada Materi Jaringan dan Komputer Kelas VII F di SMP Negeri 3 Kebakkramat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9043Keywords:
Media Pembelajaran, Mobile, NIAD, Jaringan dan Komputer, Blackbox, ADDAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah merancang media pembelajaran NIAD “Ninja Adventure” berbasis mobile pada mata pelajaran TIK pada materi jaringan dan komputer untuk membantu peserta didik guna memahami materi jaringan dan komputer. Metode dalam penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADD. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian media pembelajaran NIAD “Ninja Adventure” dilakukan dengan metode pengujian Blackbox Testing dan validasi oleh ahli yang dikonversikan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran NIAD “Ninja Adventure” memperoleh kriteria sangat layak menurut ahli media memiliki tingkat kelayakan 92 %, menurut validasi ahli materi memiliki tingkat kelayakan 80 % dengan kriteria layak, dan penilaian kelayakan oleh pendidik mendapatkan persentase 92 % dengan kriteria Sangat Layak, sehingga media pembelajaran NIAD “Ninja Adventure” layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sarana hiburan saat belajar mandiri kapanpun dan dimanapun oleh peserta didik.
References
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Efrain, R., Manggopa, H. K., & Liando, O. E. S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 335-341.
Mulyasa. (2004). Implementasi Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Ningrum F. C, et. al. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 4, No. 4, 125 - 130, 2019.
Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635
Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 1-12.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). R & D. Alfabeta.
Sukamto, R. A. dan M. S. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muhammad ShiroojuddinAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).