Perancangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Mobile Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dikelas VIII C SMP Negeri 3 Kebakkramat

Authors

  • Agung Aji Pangestu Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  • Feri Faila Sufa Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  • Alfonsa Maria Sofia H Universitas Slamet Riyadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9058

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile, Construct 2, Media Pembelajaran, Matematika, Subema

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dan tanggapan dari guru mata pelajaran Matematika kelas VIII C di SMP Negeri 3 Kebakkramat terhadap perancangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile sebagai media pembelajaran Matematika. Peneliti menggunakan Research and Development dengan model prosedur penelitian ADDI. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi serta digabungkan dengan sistem pengujian Blackbox Testing dan validasi kelayakan produk oleh Expert Judgement yang dianalisis menggunakan Skala Likert. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan di Smartphone. hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa media pembelajaraninteraktif berbasis mobile menurut validasi Ahli Media memiliki tingkat kelayakan 90% dengan kriteria Sangat Layak, menurut Ahli Materi memiliki tingkat kelayakan 80% dengan kriteria Layak, dan penilaian kelayakan oleh guru mata pelajaran Matematika kelas VIII C di SMP Negeri 3 Kebakkramat mendapatkan presentase76% dengan kriteria Layak. Berdasarkan hasil validasi dan wawancara, media pembelajaran interaktif berbasis mobile ini mendapatkan tanggapan positif dan guru mata pelajaran Matematika kelas VIII C SMP Negeri 3 Kebakkramat berminat untuk menjadikan media pembeljaaran interaktif berbais mobile sebagai media pembelajaran selama media pembelajaran masil relevan dengan materi yang harus dipelajari oleh siswa.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran Edisi Revisi,. PT. Rajagrafindo Persada.

Ramadaniati, S., Sani, D. A., & Arif, M. F. (2021). Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies Sebagai Media Pembelajaran. INTEGER: Journal of Information Technology, 6(1) ,1–8. https://doi.org/10.31284/j.integer.2021.v6i1.1200

Lee William. W & Diana L. Owens . 2004. Multimedia-Based Instructional Design: San Fransisco : Pfeiffer.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 1984. Analisis Data Kualitatif: Buku.

Sugiyono. (2019 : 321). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi ,5(I),1-13. doi:10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.

Febrian, V., Ramadhan, M. R., Faisal, M., & Saifudin, A. (2020). Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox. Jurnal Informatika Universitas Pamulang ,5(1), 6166. doi:10.32493/informatika.v5i1.4340.

Downloads

Published

18-08-2023

How to Cite

Pangestu, A. A. ., Sufa, F. F. ., & H, A. M. S. . (2023). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Mobile Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dikelas VIII C SMP Negeri 3 Kebakkramat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16948–16953. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9058

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check