Rancang Bangun Game Edukasi “Den Sarwo” Berbasis Mobile Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pada Materi Aksara Jawa Dikelas IV B SD Negeri Mojosongo

Authors

  • Sandra Kurnia Wardana Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  • Feri Faila Sufa Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  • Alfonsa Maria Sofia Hapsari Universitas Slamet Riyadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9126

Keywords:

Game Edukasi, Mobile, Den Sarwo, Blackbox, Aksara Jawa, ADDIE

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah merancang game edukasi “Den Sarwo” berbasis mobile mata pelajaran bahasa Jawa pada materi aksara Jawa untuk membantu peserta didik guna memahami aksara Jawa. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian game edukasi “Den Sarwo” dilakukan dengan metode pengujian blackbox testing dan validasi oleh ahli yang dikonversikan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi “Den Sarwo” memperoleh kriteria sangat layak menurut ahli media memiliki tingkat kelayakan 92%, menurut validasi ahli materi memiliki tingkat kelayakan 92% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian kelayakan oleh pendidik mendapatkan persentase 97,3% dengan kriteria sangat layak, sehingga game edukasi “Den Sarwo” layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sarana hiburan saat belajar mandiri kapanpun dan dimanapun.

References

Aldoobie, Nada. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Reseach

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Budiman, Edi., Hasudungan, Rofilde., & Khoiri, Akhmad. (2017). “Online Game “Pics And Words” Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Html”. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Hadi, S., Winarto, A., Santosa, Y. B., & Nayirotin, U. (2016). Tantri Basa. Surabaya: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Rahmayanti. (2015). Penggunaan Media IT dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah CIRCUIT

Santoso, S., & Luthfi, E. T. (2012). Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Level Dasar Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung

Sasangka, S. S. T. W. (2004). Unggah-Ungguh Basa Jawa. Jakarta: Yayasan Paramalingua

Septiani, S. (2020). Development Of Interactive Multimedia Unggah-Ungguh Basa Jawa (Gaung Baja) As Learning Media For Class IV Elementary Schools. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukamto, Rosa A & M.Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Tegeh, Made Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu

Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Peningkatan Keterampilan Berbahasa Jawa yang Santun pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 1 Lasem Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Melalui Model Palu (Pacelathon Bocah Wolu). Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa

Downloads

Published

21-08-2023

How to Cite

Wardana, S. K. ., Sufa, F. F. ., & Hapsari, A. M. S. . (2023). Rancang Bangun Game Edukasi “Den Sarwo” Berbasis Mobile Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pada Materi Aksara Jawa Dikelas IV B SD Negeri Mojosongo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17432–17440. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9126

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check