Pengaruh Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Modifikasi terhadap Minat Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 2 Plosorejo Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9290Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Modifikasi Berpengaruh, Minat Belajar MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran permainan tradisional congklak pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Plosorejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Plosorejo. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah 22 peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Angket (Questionair), Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran permainan tradisional congklak modifikasi rata-rata berpengaruh terhadap minat belajar matematika dengan nilai 3,533 dan signifikan sebesar 0,002.
References
Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808.
Cholid, N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran. CV Presisi Cipta Media.
Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku untuk Orang yang (Merasa) Tidak Bisa dan Tidak Suka Statistika. DEEPUBLISH.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan. Bandung : Citra Adityan Bakti.
Harahap, O. F. M., Napitupulu, M., & Batubara, N. S. (2022). Media Pembelajaran: Teori dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. AZKA Pustaka.
Kolektra, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Media Congklak Di Sd Katolik Wetakara. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 2(05).
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. KENCANA.
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. CV AE Media Grafika.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya.: CV. Jakad Media Publishing.
Musaropah, U., Sari, N. A. Z., Hermawan, T., & Nazruddin, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Congklak Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bagi Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 3–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Pambudya Luhur Wijaya
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).