Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Aplikasi Amartha (Studi Kasus: Amartha Gold Investment)

Authors

  • Edward Yazid Mahhendra Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Agung Susilo Yuda Irawan Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9437

Keywords:

Antarmuka Pengguna, Design Thinking, Pengalaman Pengguna

Abstract

Peningkatan teknologi di Indonesia telah membentuk ekosistem yang sesuai dengan keinginan pengguna, seperti didemonstrasikan oleh Gojek dan Tokopedia yang berawal dari keresahan Nadiem Anwar Makarim dan misi pemerataan ekonomi William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Pertumbuhan teknologi juga menghasilkan berbagai aplikasi smartphone termasuk investasi online seperti Amartha, yang menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemodal online untuk memperkuat ketahanan ekonomi. Layanan investasi emas Amartha menyediakan pilihan investasi jangka panjang yang stabil, namun variabilitas kebutuhan pengguna memerlukan desain antarmuka dan pengalaman pengguna yang cermat, di mana metode design thinking dan elemen gamifikasi dipandang sebagai solusi untuk mencapai tujuan ini berdasarkan penelitian sebelumnya.

References

Agus Muhyidin, M., Sulhan, M., & Sevtiana, A. (2020). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Retrieved from https://my.cic.ac.id/.

Alshammari, M. T. (2019). Design and Learning Effectiveness Evaluation of Gamification in E-Learning Systems. International Journal of Advanced Computer Science and Applications.

Anisa, V., Desain, K., Visual, K., Desain, F., & Kreatif, S. (2020). Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020 ANALISIS DESAIN UI/UX APLIKASI MOBILE EXPLORER.ID.

Ardi Darmawan, Mugi Artiningsih, & Fanny A. Prasetya. (2020). Nadiem Makarim: Cerita Masa Kecil, Jatuh Bangun Gojek, dan Pengabdian bagi Negeri. Yogyakarta: Andaliman Books.

A. Bernik, D. R. (2017). Introducing Gamification into e-Learning University Courses. MIPRO.

Bank, C., & Cao, J. (2014). Web UI Design Best Practices. Mountain View UXPin.

Black, S., Gardner, D., Pierce, J., & Steers, R. (2019). Design thinking. Organizational Behavior.

Budiman, J. (2020). PENDEKATAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI EMAS. Retrieved from https://profit.ub.ac.id

Dam R., & Siang T. (2019). Affinity Diagrams –Learn How to Cluster and Bundle Ideas and Facts. Interaction Design Foundation.

Dam, R., & Yu, T. (2019). Design Thinking: Get Started with Prototyping.

Rianto, D., Assegaf, S., Fernando, E., Studi, P., Informatika, T., Dinamika Bangsa, S., . . . Thehok -Jambi, S. (2015). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) LOKASI MINIMARKET DI KOTA JAMBI BERBASIS ANDROID.

Downloads

Published

02-09-2023

How to Cite

Mahhendra , E. Y., & Irawan, A. S. Y. (2023). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Aplikasi Amartha (Studi Kasus: Amartha Gold Investment). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20071–20079. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9437

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check