Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD

Authors

  • Nurul Hidayatun Nikmah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Aldina Eka Andriani Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9442

Keywords:

Hasil Belajar, Project Based Learning, Canva, Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Canva sudah dimanfaatkan oleh guru namun belum semua tools dimanfaatkan sehingga kurang interaktif. Oleh karena itu perlu memanfaatkan semua tools agar menghasilkan media yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SD Negeri Jatingaleh 02 dengan menggunakan Media Canva dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 22 peserta didik, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti sebagai guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siiklus-siklus I sebesar 12% dan kenaikan persentase siklus I-siklus II sebesar 14%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis media Canva dapat meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Jatingaleh 02.

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri

terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal

Pijar Mipa, 13(2), 94-99.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis

Aplikasi.

Hikmah, & Maskar. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint pada siswa SMP

Kelas VIII dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika

Realistik, 15-19.

Okta, D. (2019). Peningkatakan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Media Kartu Tempel Dalam Pelajaran. Bengkulu.

Shodiqoh, M., & Mansyur, M. (2022). Reaktualisasi Project Based Learning Model

Dalam Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Arab. Tanfidziya: Journal of Arabic

Education, 1(03), 144-155.

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman model pembelajaran

sebagai kesiapan praktik pengalaman lapangan (ppl) mahasiswa program studi

pendidikan tata boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).

Supradaka, S. (2022). Pemanfaatan canva sebagai media perancangan grafis. IKRAITHTeknologi, 6(1), 62-68.

Sutama, Narimo, S., & Nuraini, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Powerpoint Ispring Suite 8 di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 63.

Ummah, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Islami untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN di 10 Aceh Tengah (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Yuniasih, D., & Mintasih. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International

Journal of Educational Research Review, 2.

Downloads

Published

02-09-2023

How to Cite

Nikmah, N. H., & Andriani, A. E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20113–20117. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9442

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check