Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Canva pada Materi Upaya Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bagsa di Kelas XII IPS

Authors

  • Rahmi Yulia Nurjarwati Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Zulfa Zulfa Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Liza Husnita Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9527

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi Canva

Abstract

Artikel ini bertujuan memaparkan pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi canva serta untuk menguji kelayakan media dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering di sebut Research and Development (R & D). Sugiyono, (2015) menyatakan Research & Development adalah sebuah metode dalam penelitian yang menghasilkan serta menguji keefektifan dari suatu produk, penelitian dan pengembangan merupakan metode penelitian untuk mengembangkan dan menguji produk dalam dunia pendidikan. Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, DesignDevelop,Implement, dan Evalue). Hasil dari penelitian ini yaitu, validasi dari para ahli yaitu ahli materi 88% , dan ahli media 82% dan memperoleh hasil akhir 85% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran juga diuji kepraktisannya oleh guru dan peserta didik. Pada uji coba media pembelajaran oleh Dari uji coba media pembelajaran oleh guru 86% dan peserta didik 92,36% dan memperoleh hasil total 90% dengan kriteria sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.

References

Akbar, Jakub saddam, Meiliyah Ariani, Zulhawati, Haryani, Benny Novico Zani, Liza Husnita, Mochammad Bayu Firmansyah, Sa’dianoor, Perdy Karuru, and Andi Hamsiah. 2023. Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Vol. 4.

Ferdiansyah, Randa, Zulfa Zulfa, and Meldawati. 2023. “Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 2 Tilatang Kamang Pada Peradaban Awal Di Kepulauan Indonesia.” 4(2):193–200.

Husnita, Liza, and Juliandry Kurniawan Junaidi. 2023. Pendekatan Dan Strategi Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif.

Milanda, Indah, Liza Husnita, and Ranti Nazmi. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Aplikasi Sway Pada Materi Kerajaan Hindu Buddha Di Indonesia.” Puteri Hijau?: Jurnal Pendidikan Sejarah 7(2):282. doi: 10.24114/ph.v7i2.37715.

Prawesti, Devi Nur, Liza Husnita, and Meldawati. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Spinning Wheel Game Berbantuan Power Point Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMAN 19 Tebo.” 06(01):7928–35.

Rozi Novita Sari, Ranti Nazmi, dan Zulfa. 2021. “Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas x Mipa Sma 2 Lubuk Basung.” Putri Hijau:Jurnal Pendidikan 6(2):76–83.

Zulfa, Z., Ahmad Nusi, Azwar Ananda, Agusti Efi, and Piki Setri Pernantah. 2022. “Using Simulation on Project Based Learning in Minangkabau Culture Subject.” International Journal of Instruction. doi: 10.29333/iji.2022.15118a.

Downloads

Published

07-09-2023

How to Cite

Nurjarwati, R. Y., Zulfa , Z., & Husnita, L. (2023). Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Canva pada Materi Upaya Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bagsa di Kelas XII IPS . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20548–20553. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9527

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check