Pengembangan E-modul Interaktif Pembuatan Pola Grading Fase E Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo

Authors

  • Nadia Tsabitah Riqqa Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yuhri Inang Prihatina Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lutfiyah Hidayati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Peppy Mayasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9578

Keywords:

E-Modul, Interaktif, ADDIE, Validitas, Grading

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan E-Modul interaktif, bagaimana tingkat kelayakan E-Modul interaktif, dan bagaimana hasil belajar peserta didik setelah diterapkan E-Modul interaktif pembuatan pola grading fase E Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan berupa analysis, design, development, implementation, and evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, penugasan dan lembar validitas. Kelayakan E-Modul interaktif diuji oleh 5 ahli dibidang media, materi, dan bahasa. Subjek pada penelitian ini melibatkan kelas uji coba sebanyak 35 peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan E-Modul interaktif menggunakan model ADDIE. 2) Tingkat kelayakan E-Modul interaktif pembuatan pola grading kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo mendapat penilaian sebesar 3,73 dengan kategori layak. 3) Hasil belajar Peserta didik setelah menggunaan E-Modul interaktif pembuatan pola grading dinyatakan tuntas dengan presentase sebesar 97%.

References

Demarest, A. A. 2020. What is Canva? A guide to the graphic design platform’s features and capabilities, Businessinsider.com. (Online), (https://www.businessinsider.com/guides/tech/what-is-canva, diakses 22 Juni 2023).

Fitriani, S. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Lectora Dengan Materi Proses Pembentukan Muka Bumi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan-Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Malang: Literasi Nusantara.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Digitalisasi Pendidikan Era Merdeka Belajar Melalui Pemanfaatan TIK di Sekolah. (Online), (https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/digitalisasi-pendidikan-era-merdeka-belajar-melalui-pemanfaatan-tik-di-sekolah, di akses 4 Agustus 2023)

Makarim, N. A. 2019. Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/pidato-mendikbud-pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2019, diakses pada tanggal 28 November 2021)

Nailufa, L. E. 2021. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Jurnal Tarbiyah. Vol 1(1): pp. 11-12

Pemerintah Republik Indonesia. 1998. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah.

Pemimaizita. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Canva pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemik Covid-19 siswa Kelas XI MAN 1 Bungo. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7(1): pp. 15–21.

Ramadhani, Y., Kharnolis, M. 2023. Pengembangan Media E-Modul Pembuatan Busana Rumah Dengan Sistem Industri Di Kelas XI Tata Busana SMK Dharma Wanita Gresik. E-Jurnal UNESA. Vol.12(1): pp 26-37.

Reztanty, N., Hidayati, L. 2022. Pengembangan E-Modul Pembuatan Kebaya Di Kelas XII Tata Busana 2 SMK Negeri 2 Jombang. E-Jurnal UNESA. Vol.11(2): pp 64-71

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sulthon, I.V., Permana, H., Wibowo, F.C. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Android Dengan Metode Fodem Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika. Vol.9: pp 2-3.

Usman, S.B., Hidayati, L. 2022. Pengembangan Media Video Tutorial Membuat Sulaman Aplikasi Di Kelas XI Tata Busana 3 SMKN 8 Surabaya. E-Jurnal UNESA. Vol.11(02): pp 5-6.

Winatha, K. R., N. Suharsono, K. Agustini. 2018. Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. Vol 8(1): pp. 14-24.

Wulandari, Y. (2020). Bahan Ajar Grading pola kemeja. Banjarbaru: Way’s Yulinda.

Downloads

Published

09-09-2023

How to Cite

Riqqa, N. T., Prihatina, Y. I., Hidayati, L., & Mayasari, P. (2023). Pengembangan E-modul Interaktif Pembuatan Pola Grading Fase E Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20853–20864. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9578

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check