Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 Pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMA Darussalam Medan

Authors

  • Aprini Aprini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khairuddin Khairuddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khairuna Khairuna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9821

Keywords:

Construct 2, Media Pembelajaran, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan keefektifan dari media pembelajaran menggunakan Construct 2 pada materi sistem gerak manusia di SMA Darussalam Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4-D yang meliputi empat tahapan, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), penyebaran (dessiminate). Sampel penelitian peserta didik kelas XI-IPA SMA Darussalam Medan yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian media oleh ahli media 84%, ahli materi 90,66%. Sedangkan hasil perolehan respon guru memperoleh nilai 83,15% dan respon peserta didik memperoleh nilai 82% dengan kriteria sangat layak. Pada tahap hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,77. serta hasil belajar peserta didik dapat di lihat dari hasil perolehan perhitungan N-Gain score dengan persentase sebesar 77,04%, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran terkategori efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem gerak manusia.

References

Agustina, L. (2009). “Pengaruh Penggunaan Media Visual dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika” Jurnal Formatif, 1(3). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/74.

Apriyanto, A., & Lasodi, I. S. (2016). “Pembuatan Game Labirin Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Online” Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(2). http://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/53.

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: CV. K-Media.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia.

Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan untuk Mengembangkan Karakter Siswa” Unnes Science Education Journal, 5(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/9569.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.

Hanjanto, T. (2014). Kurikulum Terbaru Bahas tuntas 1001 Soal Biologi SMA Kelas X, XI, & XII. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Iklamiah, M. et.al. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Software Construct 2 pada Mata Pelajaran Elektroniks Dasar di SMK Negeri 1 Sidoarjo” Jurnal Pendidikan Teknik Eklektro, 7(1).

Istiqlal, M. (2016). “Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(8).

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). “Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik” Jurnal Biolokus, 2(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/442.

Meifiani, N. I., & Prastyo, T. D. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Peluang Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan” Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(2). http://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/32.

Mukhtar, M. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza.

Murdoko, E., Akhlis, I., & Linuwih, S. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Alat Ukur Panjang Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong untuk Siswa SMA dengan Perangkat Lunak Construct 2” Jurnal Pendidikan Fisika UPEJ Unnes, 6(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/19265.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). “Belajar dan Pembelajaran” Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2).

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan Research and Development. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman, S. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran, cet. I. Yogyakarta: Pedagogia.

Sutarman, S. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Syam, B. M., & Izzati, N. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Kelas VIII SMP” Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(2). https://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep/article/view/498.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/download/3295/2963.

Utomo, C. B. (2015). “Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Berorientasi Metakognitif Jenjang SMA” Paramita Historical Studies Journal, 25(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/3426.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Materi Balok dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4378.

Yuni, K. (2015). Juara Biologi SMA/MA Kelas X, XI, XII. Jakarta: Kompas Ilmu.

Downloads

Published

28-09-2023

How to Cite

Aprini, A., Khairuddin, K., & Khairuna, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 Pada Materi Sistem Gerak Manusia di SMA Darussalam Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9821

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check