Peran Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Lais dalam Penempatan Alumni pada Dunia Usaha dan Dunia Industri

Main Article Content

Susmawati Susmawati
Syaiful Eddy
Syarwani Ahmad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah Program Kerja BKK dalam menyiapkan alumni untuk siap kerja; menganalisa peran BKK dalam penempatan alumni pada dunia usaha dan dunia industri, dan mendiagnosis hambatan yang dialami dalam penempatan alumni dan caramengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dapat dilakukan dengan observasi, interview, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan: 1) program kerja Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Lais tahun 2019-2020 terdiri atas 12 program, dimana program kerja tersebut hanya tercapai 10 program kerja, sedangkan dua program kerja tidak tercapai. Sehingga jika di persentase ketercapaian program kerja BKK SMK N I Lais di peroleh 83,33% dengan kategori Baik, dan 2) peran kinerja BKK SMK Negeri 1 Lais dalam membantu penempatan alumni pada dunia usaha masuk dalam kriteria Cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susmawati, S., Eddy, S. ., & Ahmad, S. . (2021). Peran Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Lais dalam Penempatan Alumni pada Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 651–658. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1002
Section
Articles of Research

References

Abudinata. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Ahmad, K. (2017). Peran Bursa Kerja Khusus (Bkk) Sekolah Dalam Menyalurkan Lulusan Smk Negeri 6 Bandung Pada Dunia Usaha/Dunia Industri (Du/Di). Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Basuki, W. (2005). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Manajemen dan Implementasinya di Era Otonomi Daerah. Surabaya: Kertajaya Duta Media.

Dajan, A. (2000). Pengantar Metode Statistik Jilid 1. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Gibson, R. L. & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hana, M. (2015). Keterserapan Lulusan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Bantul. Journal Student UNY, (online) 5 (1), http://journal.student. uny.ac.id diakses pada 15 Juli 2020.

Moleong, L. (2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Nofandi, D. (2016) Peran bursa kerja khusus dalam penempatan kerja lulusan (studi kasus di smk negeri 1 sedayu). Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi XII, Volume 1.

Sanaky, H. (2003). Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insani Press.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>