Meningkatan Kemampuan Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 01 Tigo Alua

Authors

  • Yulhendra Djanan SD Negeri 01 Tigo Alua, Indonesia

Keywords:

Supervisi Akademik, Kemampuan Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dengan menggunakan supervisi akademik kepala sekolah dalam melaksanakan penilaian hasil belajar di SD Negeri 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah guru- guru yang mengajar di SD Negeri 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang Kabupaten Agam yang berjumlah 8 Orang Guru. Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, ternyata dapat membantu guru meningkatkan keprofesionalannya, terutama terlihat pada siklus II diperoleh hasil dalam Perumusan Indikator Soal hasil rata-rata menunjukkan angka 70%. Pada Penentuan Alat Penilaian diperoleh hasil 80%, Penentuan strategi metode penilaian mencapai 75% dengan variasi yang semakin beragam. Pada penentuan Pelaksanaan penilaian hasil belajar ada peningkatan hingga 80%, dan Evaluasi terhadap hasil penilaian bisa mencapai 70% dan sudah mencantumkan, bentuk, jenis dan bahkan soal yang digunakan beserta kunci jawaban atau pedoman penilaiannya, serta mencantumkan alokasi waktu yang dibutuhkan.

References

Adams, H.F. dan F.G. Dickey. 1959. Basic Principles of Supervision. New York: Amerikan Book Company.

Alexander Mackie College of Advance Education. 1981. Supervision of Practice Teaching. Primary Program, Sydney, Australia.

Amstrong, D.G., J.J. Denton, dan JR. TV. Savage. 1978. Instructional Skills

Handbook, Englewood Cliffs, NJ.: Prentice-Hall, Inc.

Andrew, G.M. dan R.E. Moir. 1973. Informational-Decision Systems in Education. Itasca, Illinois: F. E. Peacock Publisher, Inc.

Argyris, C. 1957. Personality and Organization. New York: Harper and Brothers.

Briggs, T.H. dan J. Justman. 1954 Improving Instruction Through Sueprvision. New York: The Macmillan Company

Carver, F.D. dan T.J. Sergiovanni. 1969. Organization and human Resources. New York: Wm. C. Brown Company Publishers.

Chandler, B.J. 1962. Education and the Teacher. New York: Dodd, Mead & Company.

Chrintenson, C., T.W. Johnson, dan J.E. Stinson. 1982. Supervising. California: Addison-Wesley Publishing Company.

Cogan, M.L. 1973. Clinical supervision. Boston: Houghton Mifflin.

Cooper, J.M. et all. 1977. Classroom Teaching Skills: A Hand book. Toronto: D.C. Health and Company.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Hubungan antar Pribadi. Buku III. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku II. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Dick, W. dan L. Carey. 1985. The Systematic Design of Instruction. Second Edition. Glenview, III: Scoot Forsman and Company.

Dworkin, A.G. et al. 1990. Stress and Illiness Behavior Among Urban Public School Teachers, Educational administration Quarterly, 1: 60-72. Februari. 1990.

Flanders, N. A. 1970. Analizing Teaching Behavior. Reading, MA: Addison Wesley.

Flanders, N.A. 1976. Interaction Analysis and Clinical Supervision. Journal of Research and Development in Education, Volume 9 (2), Athens, Georgia.

Frymier, J. et. al. 1984.One Hundred Good Schools. Atlanta. Georgia: A Kappa Delta Pi Publication.

Gage, N.L. dan D.C. Berliner. 1979. Educational Psychology. Second Edition. Chicago: Rand McNally College Publishing Company

Downloads

Published

20-03-2021

How to Cite

Djanan, Y. . (2021). Meningkatan Kemampuan Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 01 Tigo Alua . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 666–675. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1004

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check