Upaya Meningkatkan Inovasi Mengajar Guru dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas Rendah SD Negeri 06 Tanjung Alam

Main Article Content

Azisman Azisman

Abstract

Berdasarkan pengamatan sementara peneliti di kelas Rendah SD Negeri 06 Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, ditemukan keterampilan menulis siswa kurang bagus, hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk menulis khususnya menulis kalimat deskripsi, ini dikarenakan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menulis. Untuk itu tujuan dari penelitian tindakan kelas ini, untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa Kelas Rendah SD Negeri 06 Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan-catatan setiap tindakan perbaikan pada setiap siklus. Sumber data adalah proses pembelajaran menulis deskripsi siswa Kelas Rendah SD Negeri 06 Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azisman, A. (2021). Upaya Meningkatkan Inovasi Mengajar Guru dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas Rendah SD Negeri 06 Tanjung Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 676–684. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1005
Section
Articles of Research

References

Akhadiah MK. 1998. Menulis I Buku Materi Pokok EPNA 7203/2 SKS Modul 1-4. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pora Bagian Proyek Penataran Guru Setara D II.

Ahmad Rofiuddin, Darmiyati Zuhri. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Yogyakarta: DIKTI PGSD.

Azhar Arsyad. 1991. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arief S. Sadiman. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Basyiruddin Usman, Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2001. Mengarang di Sekolah Dasar. Jakarta: DEPDIKNAS.

Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: DEPDIKBUD.

Elfia Sukma. 2006. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Sumber Sari III Malang dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Tesis tidak diterbitkan: Program Pasca sarjana. Universitas Negeri Malang.

Haryadi, Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: DEPDIKBUD.

Muchlisoh. 1994. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyani Sumantri. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: DEPDIKBUD.

Nana Sudjana, Ahmad Rivai. 1999. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Bandung.

Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.