Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Laporan Penerimaan Kas pada Apotek Ramzi Dompu

Authors

  • Miskan Arsyad Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1017

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan Kas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi  yang ada pada Apotek ramzi dompu, untuk mengetahui permasalahan penerapan sistem infomasi akuntansi pada Apotek ramzi dompu,dan  mengetahui bagiamana implementasi dan proses dari sistem akuntansi yang di terapkan oleh Apotek Ramzi dalam memproses transaksi penjualan dan penerimaan kas sehingga mampu menghasilkan informasi yang handal pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Objek penelitian ini adalah Apotek Ramzi Dompu. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu menguraikan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan sistem informasi akuntansi yang di terapakan pada Apotek Ramzi Dompu dan di bandingkan dengan teori-teori yang berhubungan dengan penerapan sistem informasi akuntansi, sehingga didapat hasil yang di inginkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem akuntansi yang di terapkan pada Apotek Ramzi Dompu belum cukup baik hal ini terbukti dari masih terjadi perangkapan beberapa fungsi dan tidak adanya pemisahan tugas pada Apotek.

References

Anggraeni, A, 2016, Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dalam Menunjang Efektifitas Pengendalian Internal Pada Pt. Planet Cash And Credit Cabang Pagar Alam. Universitas Muhammadiyah Palembang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Agustina Florentiana, 2015. Analisa Sistem Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Atas Pendapatan Dirumah Sakit Hemana-Lambean.Jurnal Emba, No.4 Desember 2015 : 117-129

Anastasia Diana Dan Lilis Setiawati. 2011 Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Prosedur, Dan Penerapan,Edisi 1, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik : Rineka Cipta.

Bodnar, George H, Dan Hopwood Ws, Di Terjemahkan Oleh Julianto Agung Saputra Dan Lilis Setiawati, 2006, Accounting Information System Yogyakarta : Andi.

Bodnar, George H, And William S, Hopwood, 2010, Accounting Information System, 10th Edition. United State Of America ; Pearson Education, Inc.

Bungin, Burhan 2003, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Devi Susanto. 2014, “Analisis Desain Dan Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pendapatan Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Internal Apotek “Sumber Sehat” Skripsi Universitas Surabaya

Donny, Lusandi, Andri. 2016, Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Dan Penjualan Obat Pada Apotek Cemara, Jurnal Inteksis, 2 (1).

Ely Suhayaty, Sri Dewi Anggadini, 2009, Akuntansi Keuangan,Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fakhri M. Husein, 2004. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Pertama : Yogyakarta

Hall, Ja, 2007, Sistem Informasi Akuntansi, Terjemahan Dewi Fitriasari. Salemba Empat. Jakarta.

Harahap Sofyan Syafri (2011), Teori Akuntansi Edisi Revisi 2011, Jakarta: Rajawali Pers.

Ikatan Akuntan Indonesia (Iai), 2009, Standar Akuntansi Keuangan, Psak No.1 : Penyajian Laporan Keuangan, Jakarta : Salemba Empat.

Indayani ,K, 2016, Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Pada Apotek Diva Sejahtera Blitar. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia

Jogiyanto, H.M, 2005, Analisa Dan Desain Sistem Inforrmasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis, Andi Yogyakarta.

Jogiyanto Hm, 1999, Analisis Dan Desain Sistem Informasi ; Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta.

Koshyingah, S, 2013, Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Dari Pendapatan Tunai, Sistem Akuntansi Pembelian Dan Pengeluaran Kas Atas Pembelian Obat Dan Alat Kesehatan Pada Rsia. Zainab, Pekan Baru, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri (Uin), Sultan Syarif Kasim Riau.

Mardaningrum. A, 2009, Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Berbasis Komputer. Studi Kasus Pada Toko Obat Djago, Banjarnegara. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Marshall B Romney , Paul John Steinbart 2014, Sistem Informasi Akuntansi Edisi 13.

Moh. Nazir, 2003. Metode Penelitian , Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003.

Moleong, Lexy J. 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakrya

Poetra Edwin A, 2017, Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Dana Bos Pada Smk Pariwisata Dompu, Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Yapis Dompu.

Romney, Br, Steinbart Pj, 2014, Sistem Informasi Akuntansi; Accounting Information Systems (Edisi 13). Prentinc Hall.

Rahmawati, Sulistio, Mustikowati. 2016, Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Untuk Meningkatkan Pengendalian Internal Perusahaan. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi.

Saifuddin, Ardani Fp, 2017, Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Dan Pengeluaran Kas Dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Atas Pendapatan Pada Rsud, Dr, Kariadi Semarang. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan Universitas Semarang.

Susanto, Devi. 2014, Analisis Desain Dan Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pendapatan Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Internal Apotek Sumber Sehat, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(2).

Soemarso . (2009) Akuntansi Suatu Pengantar, Buku Ke 2 Edisi 5 Jakarta : Salemba Empat.

S.R Soemarso, 2009. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Kelima, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Supomo B, Indriantoro N, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Yogyakarta : Penerbit Bfee Ugm.

Sugiyono (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Pt Alfabeta.

Sugiyono (2008), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Pt Alfabeta.

Suwardjono, 2013, Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Yogyakarta : Bpfe – Yogyakarta.

Suryantara, I Gusti Ngurah, 2014, Merancang Aplikasi Akuntansi ( Dengan Pendekatan Prosedural Dan Berorientasi Objek) Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Turban E, Rainer Rk, Richard Ep, 2006, Pengantar Teknologi Informasi Jakarta : Salemba Infotek.

Widjajanto N, 2001,Sistem Informasi Akuntansi, Erlangga : Jakarta.

Winarno Wingwahyu 2006, Sistem Informasi Akuntansi, Yogyakarta : Upp Stim Ykpn Yogyakarta.S

Yusuf Am, 2014, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenada Media Group.

Downloads

Published

25-03-2021

How to Cite

Arsyad, M. . (2021). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Laporan Penerimaan Kas pada Apotek Ramzi Dompu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 731–738. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1017

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check