PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs AL-MUHAJIRIN TAPUNG

Main Article Content

Adityawarman Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Tapung Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Tapung, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun langkah-langkah dalam PTK ini  adalah perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pra tindakan, siklus I, II, III, dan tes unit dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin melalui model pembelajaran cooperatiftipe Team Assisted Individualization (TAI) tepatnya pada siklus ketiga, dan target yang diinginkanpun sudah tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hidayat, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs AL-MUHAJIRIN TAPUNG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1200-1210. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.104

References

Abu Muhammad Ibnu Abdullah, Prestasi Belajar, Tersedia dalam: http://spesialis-torch.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id =120, Diakses 2 Juni 2010.
Abu Sufyan, Wawancara tentang Sejarah Berdirinya MTs Al-Muhajirin Tapung Kab. Kampar, Kamis/13 Mei 2010, jam 12.10 WIB.
A. M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Yakarta, Rajawali Press, 2007.
Arif,Dukungan-media-pembelajaran-matematika-berbasis-tik-untuk-peningkatan -pemecahan masalah-konsep, Tersedia dalam: http://4riif.wordpress.com. Diakses 30 Mei 2010.
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni, Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Effandi Zakaria dkk., Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik, Kuala Lumpur, Prin-AD Sdn. Bhd., 2007.
Gusni Satriawati,Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Pemecahan masalah dan kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP, Algoritma Vol. 1 No. 1, Juni 2006.
Hartono,Statistik untuk Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2004.
Herman Hudojo,Strategi Mengajar Belajar matematika, Malang, IKIP Malang, 1990.
Idris, Noraini, Pedagogi Dalam Pendidikan Matematik, Kuala Lumpur, Lohprint Sdn. Bhd., 2005.
IGAK Wardhani, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka, 2007.
Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta, Bumi Aksara, 2008.
Puji Rahayu, Model Pembelajaran Kontruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Dasar(Studi Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 3 Nagrikaler Purwakarta), Thesis pada PPs UPI, Tidak diterbitkan, 2006.
Risnawati, Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru, Suska Press, 2008.
Silberman, Melvin L., Active Learning (101 cara belajar siswa aktif), Bandung, Nusa Media, 2006.
Slavin,Robert E.,Cooperatif, Teori, Riset dan Praktik, Bandung, Nusa Media, 2009.
Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Surabaya, Massmedia Buana, 2009.
Widyantini, Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif, Yogyakarta, Departemen Pendidikan Nasional PPPG Matematika, 2006.