Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Ratih Setiawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggareni Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Keywords:

pengembangan karakter, karakter, pendidikan kewaraganegaraan,, peserta didik

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai proses dari pengembangan karakter yang berpusat kepada peserta didik melalui bantuan bahan ajar pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian menggunakan telaah pustaka atau studi literatur dengan mengumpulkan berbagai macam jurnal dan buku sebagai bahan kajian. Pendidikan Kewarganegaraan membawa pengaruh terhadap proses pengembangan karakter pada setiap peserta didik. Karakter peserta didik perlu dibangun sejak dini sebagai bekal generasi muda penerus bangsa dan negara. Pendididikan Kewarganegaraan berperan penting dalam membangun karakter peserta didik. Peserta didik diajak untuk memahami mengenai pengertian, makna, dan tujuan serta urgensi pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan sikap dan  karakter.

References

Abidin, R. F,. Pitoewas, B,. & Adha, M. M. 2015. Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengem bangkan kecerdasan moral siswa. Jurnal Kultur Demokrasi.

Akbal, M. 2017. Pendidikan Kewarganega raan dalam pembangunan karakter bangsa.Prosiding Seminar Nasional Himpunan Arjana Pendidikan Ilmu- ilmu Sosial Indonesia.

Azumardi Azra, 2003. Pendidikan kewar ganegaraan (Civic Education): Demo krasi hak asasi manusia dan masyara kat madani. Jakarta :Prenada.

Budimansyah, D. dan Suryadi, K. 2008. Pkn dan masyarakat multicultural Bandung : Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Dianti, P. 2014. Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pen didikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol 23 (1).

Dikdik Baehaqi Arif, D. B. A. 2014. Pendidikan kewarganegaraan dan pembentukan karakter demokratis warga negara.

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. 2013. Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam upayapembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKN UNJ.

Felix Baghi, 2009. Kewarganegaraan demokratis dalam sorotan filsafat politik. Maumere : Penerbit Led alero.

Hidayatullah, M Furqon. 2011. “Pendiidkan karakter dan pengembangan metode pembelajaran nilai”. Bahan tayangan disampaikan dalam Penta loka Doswar se-Jawa Tengah dan DIY di Dodik Bela Negara Resimen Kodam IV/Diponegoro Magelang, 12 April 2011.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. 2019.Peran pendidikan kewargangeraan dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Ilmu Kependidikan 17(1),84-92.

Kalidjernih, F.K. 2010. “Situasionisme: refleksi untuk pendidikan karakter di Indonesia”, disampaikan dalam Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter yang diselenggarakan oleh Program Studi PKn SPs UPI, 15 November 2010.

Kansil, CTS. 2004. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jakarta : Erlangga.

Lickona, T. 2012. Character matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Margaret Stimman Branson . 1998. The role of civic education. Calabasas : Center of Civic Education (CCE),

Mirriam Budiarjo. 2008. Dasar-dasar ilmu politik edisi revisi. Jakarta : Gramedia,

Nasution, Toni. 2017. Konsep dasar pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter siswa. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial,1 (2).

Suharyanto, A. 2013. Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik,vol 1(2).

Wening, S. 2012. Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Winaputra, U. S. dan Budimansyah, D. (2007). Civic education: konteks, landasan bahan ajar dan kultur kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjan UPI Bandung.

Winarno. 2020. Paradigma baru pendidi kan kewarganegaraan. Jakarta : Bumi Aksara.

Zubaedi. 2012. Desain pendidikan karakter (konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan). Kencana Prenada Media Group :Jakarta.

Downloads

Published

14-04-2021

How to Cite

Setiawati, R. ., & Dewi, D. A. . (2021). Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 897–903. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1050

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check