Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD

Authors

  • Meljatu Aperta Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Univeraitas Negeri Padang, Indonesia
  • Risda Amini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

media pembelajaran tematik terpadu, kvisoft flipbook maker pro, model ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tematik terpadu berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di kelas IV SD yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Adapun tahapannya adalah analysis, design, development, implementation and  evaluation. Subjek dari penelitian ini yaitu,  guru kelas IV-C dan 25 peserta didik kelas IV-C SD Negeri 15 Ulu Gadut. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran tematik terpadu berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di kelas IV SD yang di validasi oleh expert judgment dinyatakan “sangat valid” dengan penilaian  rata-rata keseluruhan validator 91,5% (2) respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran tematik terpadu berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di kelas IV SD memperoleh kategori “sangat praktis” dengan nilai rata-rata 97,14% dan 96,13%.

References

Amini, R. (2017). The Development Of Integrated Learning Based Student’s Book To Improve Elementary School Students’Competence. Unnes Science Education Journal. 6 (2).

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Ernawati, Endang. (2016). Pengembangan Modul Matematika pada Materi Fungsi dengan Pendekatan Kontekstual untuk SMP/MTS. Diperoleh dari eprints. umpo.ac.id

Fakhriyannur. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakrta. Diperoleh dari eprints. uny.ac.id.

Fitria, Y. (2019). Landasan Pembelajaran Sains Terintegrasi (Terpadu). Padang: SUKABINA Press.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP, 296–301.

Mulyaningsih, N.N., & Saraswati, D.L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32.

Poewarti, Loeloek Endah & Amri, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rasiman. (2014). Efektifitas Resource-Based Learning Berbantuan Flip Book Maker Dalam Pembelajaran Matematika SMA. JKPM, 1.

Ratumanan, T. G & Rosmiati, Imas. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Riduwan, & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rumahlatu, D., Huliselan, E. K., & Takaria, J. (2016). An analysis of the readiness and implementation of 2013 curriculum in the west part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5662–5675.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.

Sasongko, D. A. N. (2016). 108 Lampiran A Lampiran A1. Kisi-kisi Instrumen Penilaian RPP. Diperoleh dari core.ac.uk.

Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.

Downloads

Published

18-04-2021

How to Cite

Aperta, M. ., & Amini, R. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1025–1032. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1066

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check