Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash CS6 di Kelas IV SD

Main Article Content

Yona Desri Ramadani
Risda Amini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash CS6 di kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut yang valid dan praktis. Model yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation and evaluation. Subjek dari penelitian ini yaitu, guru kelas IV-B dan 19 peserta didik kelas IV-B SD Negeri 15 Ulu Gadut. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash CS6 di kelas IV SD  yang di validasi oleh expert judgment dinyatakan “sangat valid” dengan penilaian rata-rata keseluruhan validator 94,41%, (2) respon guru dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash CS6 di kelas IV SD memperoleh kategori “sangat praktis” dengan nilai rata-rata 94,28% dan 95,08%

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadani, Y. D. ., & Amini, R. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash CS6 di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1032–1040. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1067
Section
Articles of Research

References

Ahmad, S. (2017). The instruments of higher order thinking skills. https://doi.org/https;//doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053

Amini, R., Fitria, Y., Handayani, S. E., Lena, S. M., & Helsa, Y. (2019). Development of Integrated Thematic Teaching Materials using Problem Based Learning Model in Elementary School. DOI: 10.2991/icet-19.2019.111

Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. 8(2), 25–36.

Ibrahim, & Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratumanan, T. G & Rosmiati, Imas. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau, 2(4), 856–864.

Riduwan, & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suherman, H. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Pendidikan Matematika Indonesia.

Usmeldi, Amini, R., & Trisna, S. (2017). The Development Of Research-Based Learning Model With Science, Environment, Technology, And Society Approaches To Improve Critical Thinking Of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318-325. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10680

Widyanto, E., & Kurniasari, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Profesional CS6 pada Materi Teorema Pythagoras untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5).

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis. Jurnal Gammath, 3(1), 49–57.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.