Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Adobe Flash CS6 Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD

Main Article Content

Widia Syafriatma
Risda Amini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis Adobe Flash CS6 menggunakan model Discovery Learning di kelas V SD Negeri 15 Ulu Gadut yang valid dan praktis. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahapan, analyze, design, develop, implement and evaluat. Subjek dari penelitian ini yaitu, guru kelas V C dan 19 peserta didik kelas V C SD Negeri 15 Ulu Gadut. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar tematik terpadu berbasis Adobe Flash CS6 dengan model Discovery Learning di kelas V Sekolah Dasar  yang di validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli kegrafikaan (expert judgement)dinyatakan sangat valid dengan penilaian rata-rata keseluruhan validator 90.84%,  (2) respon guru dan respon peserta didik terhadap bahan ajar tematik terpadu berbasis Adobe Flash CS6 dengan model Discovery Learning di kelas V Sekolah Dasar memperoleh kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 94.28% dan 94.88%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syafriatma, W., & Amini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Adobe Flash CS6 Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1127–1134. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1069
Section
Articles of Research

References

Amini, R., Lena, S. M., & Helsa, Y. (2019). Development of Integrated Thematic Teaching Materials using Problem-Based Learning Model in Elementary School. 382(Icet), 442–445.

Amini, R. (2017). The Development Of Integrated Learning Based Student’ Book To Improve Elementary School Students’ Competence. 6(2), 1586–1592.

Amini, R & Usmeldi. (2017). Buku Panduan (Penggunaan Model pembelajaran Integrated Learning di Sekolah Dasar). Padang: UNP

Festiyed, Djamas, D., & Ramli, R. (2019). Learning model based on discovery learning equipped with interactive multimedia teaching materials assisted by games to improve critical thinking skills of high school students. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012054

Hidayati, N. (2013). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ( ADOBE FLASH CS6 ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JURUG SEWON. 169–172.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). BAHAN AJAR IPA BERBASI LITERASI SAINS. In LEKKAS.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset.

Pranowo, G. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script 3.0 pada Flash CS6. Yogyakarta: Andi Offset.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratumanan, T. . dan I. rosmiati. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Riduwan, & Sunarto. (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17). Jakarta: Bumi Aksara.

Usmeldi, Amini, R., & Trisna, S. (2017). The development of research-based learning model with science, environment, technology, and society approaches to improve critical thinking of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318–325. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10680