Hubungan Pengetahuan Sikap dan Kepatuhan Diet DM dengan Penyembuhan Luka Diabetes di Rumah Sakit Umum Karel Sadsuitubun Langgur

Authors

  • Adji Soelistyo Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang, Indonesia
  • Hobertina Songjanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang, Indonesia

Keywords:

: Faktor Risiko, Diabetes Melitus, Penyembuhan Luka Diabetes

Abstract

Diabetes Melititus dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang meningkatkan resiko berkembangnya luka diabetes.Luka diabetes merupakan luka yang sangat di takutkan kerena penyembuhan lukanya memakan waktu yang lama,memakan biaya yang sangat besar dan bila luka tersebut mengancam jiwa seseorang maka akan diamputasi.Ini menyebabkan dampak yang  negative,yang kompleks terhadap kualitas hidup individu.Hal inilah yang menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan pengetahuan,sikap dan kepatuhan diet DM dengan penyembuhan luka diabetes di poloik bedah RSU Karel Sadsuitubun Langgur. Jenis penilitian yang digunakan adalah Deskriptif analitik dengan pendekatan cross Sectional study dengan ? =(< 0,05).Populasi dalam penelitian ini dalah jumlah kunjungan pasien dalam satu tahun 432 pasien dengan sampel penelitian sebanyak 32 pasien dengan menggunakan kuesioner dan observasi dan analisa data menggunakan chi square.Hasil analisa didapatkan bahwa luka diabetes yang belum sembuh lebih banyak (50,0%) pada pasien DM yang bersikap positif di bandingkan pasien yang memiliki sikap negatif  (6,3%) (p= 0,040).ini menunjukan ada hubungan antara sikap dengan penyembuhan luka diabetes.Peneliti menyarankan kepada penderita luka diabetes untuk mencari informasi tentang diabetes militus,menaati pola makan yang ditetapkan dan menjalankan prilaku hidup sehat. 

References

Albupi, Annisa. Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diet dalam Menajalankan Diet Diabetes Melitus pada Pasien Rawat Jalan di Poli Khusus RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2014. [Karya Tulis Ilmiah]. Jurusan DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Padang ; 2014.

Almatsier Sunita. Penuntun Diet. Jakarta ; Kompas Gramedia ; 2013.

Arisman.Buku Ajar Ilmu Gizi ; Obesitas, Diabetes Melitus & Dislipidemia. Jakarta : EGC ; 2011.

Arsana. 2011. Dalam : Juniarti, Citra, dkk. Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Diet pada Penderita Diabetes Melitus yang dirawat di RSUD Labuang Baji Makassar. [jurnal Volume 4 Nomor 1] Stikes Nani Hasannudin ; 2014.

Ashary, Putri. Hubungan Persepsi Konseling Gizi dengan Kepatuhan Pasien DM tipe2 di Bagian IRNA C non Bedah RSUP DR. M. Djamil Padang tahun 2014. [Karya Tulis Ilmiah]. Jurusan DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Padang ; 2014.

Brunner, Suddartth. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah Edisi 8. Jakarta ; EGC ; 2002.

Corwin, Elizabeth J. Buku Saku Patofisiologi. Jakarta : EGC ; 2001.

Damayanti, Sisca.Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Self-Management pada Pasien Diabetes Melitus. [Skripsi]. Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran; 2013.

Eva Mona, dkk. 2012. Hubungan Frekuensi Pemberian Konsultasi Gizi dengan Kepatuhan Diit serta Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe II Rawat Jalan di RS Tugurejo Semarang. [Jurnal Gizi Volume 1 Nomor 1] Universitas Muhammadiyah Semarang ; 2012

Ellis. 2010. Dalam: Lestari, Tri Suci. Hubungan Psikososial dan Penyuluhan Gizi dengan Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Rawat Jalan di RSUP Fatmawati Tahun 2012. [Skripsi] Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; 2012.

Juniarti, Citra, dkk. Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Diet pada Penderita Diabetes Melitus yang dirawat di RSUD Labuang Baji Makassar. [jurnal Volume 4 Nomor 1] Stikes Nani Hasannudin ; 2014.

Khomson. Ali, dkk. Pengantar Pangan dan Gizi. Jakarta ; Penebar Swadaya ; 2004

Lestari, Tri Suci. Hubungan Psikososial dan Penyuluhan Gizi dengan Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Rawat Jalan di RSUP Fatmawati Tahun 2012. [Skripsi] Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ; 2012

Meydani, Putri Yolla Dwi.Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Upaya Pencegahan Komplikasi DM oleh Pasien DM di Poliklinik Khusus Penyakit Dalam RSUP DR. M. Djamil Padang. [Skripsi] Program Studi Keperawatan fakultas Kedokteran Universitas Andalas; 2011.

Michael J. Gibney. dkk. Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta ; EGC ; 2002.

Nasrul, Hadi Purwanto. 2011. Hubungan Pengetahuan tentang Diet Diabetes Melitus dengan Kepatuhan Pelaksanaan Diet pada Penderita Diabetes Melitus. [Jurnal Keperawatan Volume1 Nomor 1]. Program Studi Keperawatan Universitas Sumatra Utara. 2011.

Niven. 2002. Dalam : Lestari, Tri Suci. Hubungan Psikososial dan Penyuluhan Gizi dengan Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Rawat Jalan di RSUP Fatmawati Tahun 2012. [Skripsi] Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ; 2012.

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta ; 2012.

PERKENI.Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. Jakarta ; 2011.

Qurratuaeni. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Terkendalinya Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Melitus Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati Jakarta Tahun 2009. [Skripsi] Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ; 2009.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 2013 Depkes.RI.2007.

Sri Trisnawati, dkk. 2013. Faktor risiko diabetes mellitus tipe 2 pasien rawat jalan di Puskesmas Wilayah Kecamatan Denpasar Selatan. [Jurnal Volume 1 Nomor 1] Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ; 2013

Sukarmin, S.R., 2008. Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Eksokrin dan Endokrin pada Prankreas. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tarwoto, dkk. Keperawatan Medikal Bedah Gangguin Sistem Endokrin. Jakarta ; Trans Info Media ; 2012.

Teguh, Susanto. Diabetes Deteksi, Pencegahan, Pengobatan. Yogyakarta : Buku Pintar ; 2013.

Ucik, Witasari, dkk. Hubungan Tingkat Pengetahuan, Asupan Karbohidrat dan Serat dengan Pengendalian Kadar Glukosa darah pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. [Jurnal Penelitian Sains & Teknologi, Vol.10, No.2] Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.

Downloads

Published

22-04-2021

How to Cite

Soelistyo, A. ., & Songjanan, H. . (2021). Hubungan Pengetahuan Sikap dan Kepatuhan Diet DM dengan Penyembuhan Luka Diabetes di Rumah Sakit Umum Karel Sadsuitubun Langgur . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1110–1119. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1075

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check