Penggunaan Model NHT untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Kelas X TP 1 SMK N 1 Bangkinang

Main Article Content

Eldisyam Eldisyam

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti di SMK N 1 Bangkinang, pendidikan jasmani dan olahraga dalam melaksanakan proses pembelajaran dan pengajaran kurang memperhatikan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan guru. Untuk penelitian ini, peneliti tertarik untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilaksanakan dengan memfasilitasi kolaborasi antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data tindakan yang diperoleh dari hasil observasi, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TP 1 yang diteliti yang berjumlah 30 orang. Hasil belajar siklus I pada tes awal sebelum pembelajaran rata-rata nilai ketuntasan belajar siswa adalah 5,94 dan pada akhir ketuntasan belajar siswa mencapai 56,7%, sedangkan pada tes akhir siklus II nilai ketuntasan belajar siswa. meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hasil observasi terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah berlangsungnya proses pembelajaran yang diilustrasikan dengan hasil tes siswa. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Eldisyam, E. (2021). Penggunaan Model NHT untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Kelas X TP 1 SMK N 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1041–1050. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1077
Section
Articles of Research

References

Amstead B.H, Philip F. Ostwald, Miron L. Begeman. 1993. Teknologi Mekanik jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. 1982. Petunjuk Keselamatan Kerja dalam Perbengkelan Mesin. Bandung: tarsito

Daryanto. 2002. Mesin Perkakas Bengkel. Jakarta: Rineka Cipta

Staton, F. Thomas. 1992. Cara Mengajar dengan Hasil yang Baik. (Metode-metode Mengajar Modern dalam Pendidikan Orang Dewasa)- Terjemahan Prof.J.F. Tahalele, M.A. Bandung: Cv. Diponegoro.

Sudjana. 2009. Metode Statistika, Bandung:Tarsito

Sudjana. 1998. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar.Bandung: Sinar Baru

Suharsimi, Arikunto. 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Puspa, Ninia. 2009, Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang. Padang: UNP.