Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara

Authors

  • Febriani Tanjung Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Iraq
  • Arwin Arwin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 11 Cubadak Air Utara dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada: 1) RPP siklus I diperoleh rata-rata 83,33% (baik) dan siklus II diperoleh rata-rata 94,44% (sangat baik). 2) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 81,94% (baik) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 97,22% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik diperoleh rata-rata 79,16 (cukup) dan siklus II diperoleh rata-rata 97,22% (sangat baik). 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77,27 (cukup) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 87,90 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

References

Arwin. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Quantum Teaching Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 2, 1-11. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan.

Kunandar. 2014. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Miaz, Yalvema. 2014. Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dan Dosen. Padang: UNP Press.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.

Sari, Melia Indra & Zainal Abidin. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together pada Pembelajaran Tematik Tepadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 4, Nomor 3 ISSN: 2641-3097.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta : Fajar interpratama Mandiri.

Taufik, Taufina & Muhamadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Downloads

Published

28-04-2021

How to Cite

Tanjung, F. ., & Arwin, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1231–1239. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1093

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check