Pengembangan Media Pembelajaran Video Growtopia Powerpoint pada Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Main Article Content

Melvi Fitriani
Arwin Arwin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video growtopia powerpoint siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis hal ini juga didukung oleh sekolah yang telah memadai sarana dan prasarana sehingga mempermudah proses pembelajaran dengan media yang dikembangkan. Jenis penelitain yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembanagan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu : Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evalusi). Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran video growtopia powerpoint yang dikembangkan melalui tahapan validasi aspek materi, aspek media dan aspek bahasa memperoleh nilai 89,69% menunjukkan kategori sangat valid. Sedangkan dari angket respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 95,12% berkategori sangat praktis dan angket respon guru dengan skor rata-rata 86% berkategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, M. ., & Arwin, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Growtopia Powerpoint pada Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1240–1247. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1094
Section
Articles of Research

References

Anitah. (2010). Pengembangan Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. 8(1). https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, R. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di TK Qurrota A’yun Ponorogo. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 1-6. doi:https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.83

Hatmojo, M. M., Informatika, P. T., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Menggunakan Plugin Moodle pada Materi Data dan Operator Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa.

Izzudin, A. M., & Suharmanto, A. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen-Komponennya. Journal Unnes, 2(2), 1–8.

Noor, A. F., & Wangid, M. N. (2019). Interaksi energetik guru dan siswa pada pembelajaran abad 21. Anterior Jurnal, 18(2), 107–112. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i2.456

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Purwanto,ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan dan Sunarto. (2015). Pengajaran Sattistik Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi,dan Bisnis.Bandung: Alfabeta.

S, M. B., & Ardianto, D. T. (2019). Jurnal Teknologi Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. 21(2), 119–134.

Sadiman, R. Raharjo & Haryono. Anung. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan pemanfataannya. Jakarta: Pustekkom Dinas dan Raja Grafindo Perkasa.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. 2(4), 371–381.