Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia

Main Article Content

Fira Ayu Dwiputri
Dinie Anggraeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila terhadap penumbuhan karakter siswa sekolah dasar yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia. Dewasanya permasalahan karakter seringkali terjadi pada anak usia sekolah, diantaranya akibat pemahaman sikap benar dan salah yang minim dan kurangnya arahan dari pihak kedua yakni sekolah terkait pendidikan karakter. Pancasila sebagai ideologi memegang peranan penting dalam membangun karakter masyarakat Indonesia. Sehingga Pancasila harus bisa dipahami dan ditanamkan pada diri bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Sumber data penelitian diambil dari jurnal ilmiah,buku elektronik beserta sumber lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai Pancasila dapat membentuk karakter anak sekolah dasar melalui pengintegrasian dengan pembelajaran dan disertai dengan pembiasaan berdasarkan arahan guru. Pendidikan karakter yang bersumber dari Pancasila ini sudah sepatutnya terus diimplementasikan pada dunia pendidikan khususnya bagi jenjang awal pendidikan yaitu sekolah dasar karena dengan hal tersebut kualitas bangsa Indonesia kedepannya akan lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dwiputri, F. A. ., & Anggraeni, D. . (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1097
Section
Articles of Research

References

Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah. Ta’allum. 3. (1). 58-76.

Chairiyah. (2014). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 1. (1).54-62.

Diana, R. (2006). Setiap Anak Cerdas! Setiap Anak Kreatif! Menghidupkan Keberbakatan Dan Kreativitas Anak. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro .3.(2). 123-131.

Erlina, T. (2019). Membangun Karakter Keindonesiaan Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Global. Factum .8.(2). 153-162.

Gunarsa, S.D., & Gunarsa, Y.S.D (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. Karsa. 61. (1). 86-92.

Kurniawan, M. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi yang Baik. Jurnal Pedagogia. 4.(2). 121-126.

Mahendra, Y. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). 1. (1). 257-266.

Octavia, E. dan Rube, M. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Untuk Membentuk Mahasiswa Prodi Ppkn Menjadi Warga Negara Yang Baik Dan Cerdas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. 4. (1).111-124

Rodliyah, Z. (2020). “ Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Akhlak Terpuji Bagi Siswa SDN Klampisan 01 Kabupaten Ngawi.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Sulistyarini. (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2 .(1) 1-8.

Sutarna, N. (2018). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta : Pustaka Diniyah

Sylviyanah,S. (2012). Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Al-Rahman). Jurnal Tarbawi. 1. (3). 191-203.