Pengaruh Kreativitas Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kristen Tagari Rantepao

Authors

  • Jeni Tikuallo Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta , Indonesia
  • Witarsa Tambunan Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta , Indonesia
  • Hotner Tampubolon Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta , Indonesia

Keywords:

Kreativitas Guru, Media pembelajaran, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kr. Tagari Rantepao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMK Kr. Tagari sebanyak 128 siswa dengan jumlah sampel 50 siswa yang dipilh dengan teknik ramdom sampling. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu kreativitas guru (X1), media pembelajaran (X2), dan hasil belajar peserta didik (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kuesioner/angket yang digunakan untuk mengukur kreativitas guru dan media pembelajarandan tes hasil belajar  untuk mengukur nilai Bahasa Indonesia peserta didik semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,428. (2) Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,12. Adapun nilai koefisien determinasi antara ketiga variabel tersebut sebesar 0,525. Artinya variabel kreativitas guru dan media pembelajaran mampu menjelaskan variabel hasil belajar peserta didik sebesar 52,5 %. Merujuk pada hasil analisis regresi ganda maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dan media pembelajaran berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Kr. Tagari Rantepao. Artinya apabila nilai kreativitas guru dan media pembelajaran meningkat maka hasil belajar peserta didik akan semakin meningkat.

References

Devega, Arni Trilidia dan Ghea Paulina Suri. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa SMK. Engineering and Technology Internasional Journal. Vol.1 No. 1.

Dewi, Putri Kumala dan Nia Budiana. 2018. Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi PengoptimalanPembelajaran. Malang : UB Press.

Fatmawati, Jati. 2018. Telaah Kreativitas. (Online) http://www.recearchgate.net/publication/32821742-TelaahKreativitas. Diakses 06 Mei 2020.

http://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-media&ved. Diakses tanggal 06 Mei 2020

Irham, Muhammad dan Novan Ardy Wijaya. 2015. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Julinus, Mizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

KBBI.2016. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia.

Kim, M., Roh dan Cho. 2016. Creativity of Gifted Student in an Ingrated Math-Science Instruction. Journal of Skill and Creativity Vol. 19 pp38-48.

Prasetyo,Yogi Agung.2020. Pengembangan Media Pembelajaran : Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning. Semarang : Yogi Agung Prasetyo.

Rasam, Fadli dan Ani Interdiana Candra Sari. 2018. Peran Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Dididk SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education. Vol 5 No. 1

Rosyid, Zaiful dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.

Saifuddin, Muhammad dan Dwi Nurcahyani.2018. Learning Coqnitiv Level : Learning Outcome Based Analysis. (Online). http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJET/article/download/119/LEARNERS%E2%80%99%20COGNITIVE%20LEVEL%20LEARNING%20OUTCOMES%20BASED%20ANALYSIS/ diakses 06 Mei 2020.

Sinar. 2018. Metode Active Learning.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Steele, William. 2017. Optimizing Learning Outcomes. New York : Routledge.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R dan D). Bandung : Alfabeta.

Sultika, Budi dan Yanki Hartijasti. 2017. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kretaivitas dan Orientasi Inovasi di Tempat Bekerja. (Online) http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM/article/download/3036/2390 diakses 06 Mei 2020.

Sumiharsono, M. Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Mataram : CV Pustaka Abadi.

Syaputra, Edi.2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing.

Tambunan, Witarsa. 2020. 65 Tahun Hidup dalam Kebhinaan (Pandangan Kritis dari Sisi Pendidikan Politik. Malang : Literasi Nusantara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

30-04-2021

How to Cite

Tikuallo, J. ., Tambunan, W. ., & Tampubolon, H. . (2021). Pengaruh Kreativitas Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kristen Tagari Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1350–1362. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1107

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check