Pengaruh Bimbingan Belajar Secara Online atas Prestasi Belajar Matematika Siswa di Kelas XII SMK Kristen Tagari di Kota Rantepao

Main Article Content

Rensi Biu Banna
Mesta Limbong
Tarsicius Sunaryo

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan pengaruh bimbingan belajar online atas prestasi belajar matematika siswa di kelas XII SMK Kristen Tagari di kota Rantepao. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berbentuk studi korelasi, yaitu penelitian yang akan mempelajari hubungan yang saling mempengaruhi antara dua variabel atau lebih. Populasi dari penelitian ini adalah semus siswa kelas XII SMK Kristen Tagari di kota Rantepao. Cara dalam penetapan sampel dilakukan dengan memakai “teknik purposive sampling. Sehingga sampel yang terpilih sejumlah 42 murid yang menggunakan bimbingan belajar online di SMK Kristen Tagari. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan data yang digunakan adalah melalui angket bimbingan belajar online serta tes hasil belajar berupa soal try out. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan belajar siswa sebesar 100% dengan rata-rata nilai perolehan 76,48. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear dengan persamaan regresi atau . Persamaan ini dapat digunakan untuk memprediksi bagaimana individu dalam variabel terikat (hasil belajar matematika) akan terjadi, jika individu dalam variabel bebas (bimbingan belajar online) ditetapkan. Hasil pengujian SPSS menunjukkan bahwa nilai  dengan nilai yang signifikasi dengan demikianH0 di tolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh yang nyata (signifikan). Bimbingan Belajar Online akan Prestasi Hasil Belajar Matematika siswa Kelas XII SMK Kristen Tagari di kota Rantepao. Besarnya pengaruh bimbingan belajar online terhadap prestasi hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 12,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan temuan-temuan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan dalam belajar secara online atas prestasi belajar matematika siswa di kelas XII SMK Kristen Tagari di kota Rantepao.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Banna, R. B. ., Limbong, M. ., & Sunaryo, T. . (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Secara Online atas Prestasi Belajar Matematika Siswa di Kelas XII SMK Kristen Tagari di Kota Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1380–1388. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1109
Section
Articles of Research

References

Aripurnamayana. M.I. 2012.Rancangan dan Pembuatan Mobile Learning Berbasis Android (Studi Kasus: Pembelajaran Sejarah di SMP). https://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/ artikel2C484B69ABB15E4060342947D84D09F8.pdf. [12 Oktober 2019]

Jurnal [Online]. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Ma’arif Wates. Tersedia:https://eprints.uny.ac.id/8469/3/bab%202%20-08502244024.pdf [12 Oktober 2019

Lingga Masriati. 2016. Pengaruh Penggunaan Quipper Scholl terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 4 Semarang. Skripsi : Universitas Negeri Semarang.

Nurlinggasari Diana. 2017. Hubungan Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Biologi (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Bandar Lampung). Skripsi : Universitas Lampung.

Nurrahmah Fauziyyah. 2017.Pengaruh Keikutsertaan Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Kelas XII IPS SMA Negeri 5 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ratna B Desi. 2019 . Pengaruh Waktu Belajar Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Di Kecamatan Makale..Skripsi : UKI Toraja.

Safruddin, H. 2014. Pengaruh Pelayanan Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah: IKIP Veteran Semarang.

Tarwiah, V.J. 2012.Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik kelas VII Mts Negeri Godean, Sleman, Yogyakarta. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Jihad Asep & Haris Abul. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta : Multi Pressindo.

Tim, 2019. Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Pedoman : UKI Toraja.