Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar
Keywords:
Pengaruh Game Online, Perkembangan Emosi dan Sosial, Anak sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh game online terhadap perkembangan emosi dan sosial anak sekolah dasar. Metode pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berusia sekolah dasar yang bermain game online berjumlah lima orang anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan) selama tiga hari dan wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah peneliti lakukan pada kelima anak usia sekolah dasar yang menggunakan game online, peneliti menemukan pengaruh positif dan negatif. Pengaruh positif tersebut diantaranya anak melek terhadap teknologi, anak memahami berbagai aplikasi salah satunya game online, dan anak mengenal kosakata baru dalam bahasa asing. Adapun pengaruh negatif dari game online terhadap perkembangan emosi dan sosial anak diantaranya yaitu anak mudah marah, lebih agresif, dan kurangnya interaksi dengan orang-orang sekitarnya.
References
Christiana Reali dan Yunisa Dwi Anggraini. (2016). Pengaruh Game Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Anak. Jurnal Pendidikan PAUD ISSN: 2502-5554 Vol . 1 , No . 1 , Januari 2016 [online]. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Tersedia : https://scholar.google.co.id/scholar?q=PENGARUH+GAME+KEKERASAN+TERHADAP++PERILAKU+AGRESIF+ANAK&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart. Diakses 1 Mei 2021.
Devy Arum Sari, dkk. (2020). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada remaja SMP Negeri 3 Ungaran : Tinjauan Dari Beberapa Artikel Penelitian. UNIVERSITAS NGUDI WALUYO [online]. Tersedia : http://repository2.unw.ac.id/1089/. Diakses 1 Mei 2021.
Fithri Azni. (2017). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume 5, Nomor 2 [online]. Universitas Negeri Padang. Tersedia : http://kolokium.ppj.unp.ac.id/index.php/kolokium-pls/article/view/28. Diakses 1 Mei 2021.
Heri Satria Setiawan. (2018). Analisis Dampak Pengaruh Game Mobile Terhadap Aktifitas Pergaulan Siswa SDN Tanjung Barat 07 Jakarta. p-ISSN: 1979-276X e- ISSN: 2502-339X DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2338 [online]. Universitas Indraprasta PGRI. Tersedia : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/2338. Diakses 1 Mei 2021.
Layyinatus Syifa, dkk. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 4 Tahun 2019, pp. 527-533. P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174. [online]. Universitas PGRI Semarang. Tersedia : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22310. Diakses 1 Mei 2021.
Marselima Tas’au, dkk. (2017). Hubungan Frekuensi Bermain Game online Dengan Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun) Di SD Bandulan 4 Malang. Nursing News Volume 2, Nomor 3 [online]. Tersedia : https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/705. Diakses 1 Mei 2021.
Mera Putri Dewi, dkk. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VII No. 1 Januari 2020 [online]. Universitas Negeri Padang. Tersedia : http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7369. Diakses 1 Mei 2021.
Mertika dan Dewi Mariana. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH Vol. 3 No. 2, December 2020. Page: 99 – 104 e-ISSN: 2597-9760, p-ISSN: 2597-9752 [online]. STKIP Singkawang. Tersedia : https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2154. Diakses 1 Mei 2021.
Mimi Ulfa dan Risdayati. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan HR.Subrantras Kecamatan Tampan Pekan Baru. JOM. FISIP Vol. 4 No. 1 – Februari 2017 [online]. Universitas Riau. Tersedia : https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/13841. Diakses 1 Mei 2021.
Nugrananda Janttaka dan Wahyu Juniarta. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 04 No 2 (2020) [online]. Universitas Bhinneka PGRI (UBHI) Tulungagung. Tersedia : http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2683. Diakses 1 Mei 2021.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567.
Nurlaela dan Sangkala Ibsik. (2017). Dampak Game Online Terhadap Moral Anak Di Desa Malili Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Universita Negeri Makassar [online]. Tersedia : https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/3669. Diakses 1 Mei 2021.
Nurul Ismi dan Akmal. (2020). Dampak Game online terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education (ISSN: 2622-237X) Volume 3 No. 1 2020 [online]. Universitas Negeri Padang. Tersedia : https://www.researchgate.net/publication/342074952_Dampak_Game_Online_Terhadap_Perilaku_Siswa_di_Lingkungan_SMA_Negeri_1_Bayang. Diakses 1 Mei 2021.
Octa Reni Setiawati dan Agin Gunado. (2019). Perilaku Agresif Pada Siswa SMP Yang bermain Game Online. Jurnal Psikologi Malahayati, Volume 1, No.1, Maret 2019: 30-34 [online]. Universitas Malahayat. Tersedia : https://core.ac.uk/reader/230561830. Diakses 1 Mei 2021.
Ramdhan Witarsa, dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIK Vol. VI, No. 1, Februari 2018 [online]. Tersedia : http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/432. Diakses 1 Mei 2021.
Suriadi, & Yuliani, rita. (2006). Asuhan Keperawatan Pada Anak. Jakarta: Sangung Setia.
Tusyana, E., & Trengginas, R. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Iventa, 3(1), 18–26.
Yoga Yudha Prasetya, dkk. (2020). Pengaruh Penggunaan Game Online Mobile Legend Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa SMA Negeri 1 Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi. Volume 5, No. 1, Januari 2020, hlm 1-16 [online]. UNIVERSITAS HALU OLEO. Tersedia : http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/10388. Diakses 1 Mei 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Marsanda Claudia Paremeswara, Triana Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).