Perancangan Game Quiz Aritmatika Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Authors

  • Reza Ananda Putra Universitas Harapan Medan , Indonesia
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Harapan Medan , Indonesia
  • Fera Damayanti Universitas Harapan Medan , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11221

Keywords:

Game Quiz, Aritmatika, Forward Chaining

Abstract

Pada studi ini peneliti membuat game quiz aritmatika berbasis web yang dapat membantu siswa dalam proses belajarnya dan membuat pembelajaran aritmatika menjadi lebih menarik dengan memanfaatkan inovasi yang semakin canggih. Yakni game quiz dimana terdapat tiga level dengan sepuluh pertanyaan per level. Level pertama meliputi penjumlahan dan pengurangan, level kedua meliputi perkalian dan pembagian, level ketiga meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Game quiz ini hanya memungkinkan pengguna untuk memulai dari level satu dan membutuhkan skor minimal 70 agar bisa maju ke level berikutnya. Siswa dapat melatih kecepatan berpikir dan berhitung dengan memainkan game quiz yang tersedia di platform Google. Pendekatan forward chaining digunakan dalam perancangan game quiz ini guna menentukan jawaban benar dan salah serta untuk meningkatkan tingkat kesulitan soal. Hasil akhir aplikasi game quiz akan menunjukkan nilai, jawaban yang benar, dan rincian cara menjawab setiap pertanyaan.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Agustina, L., & Martha Rusmana, I. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9(https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181), 1–7. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/4859

Budiman, Q., Mouton, S., Veenhoff, L., & Boersma, A. (2021). ??? 1 , ??? 1 , ? ? 2. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(0.1101/2021.02.25.432866), 1–15.

Hartati, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Kantor Notaris Dan Ppat Ra Lia Kholila, Sh Menggunakan Visual Studio Code. Jurnal Siskomti, 3(2), 37–48. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/STMIK-SISKOMTI/article/view/123

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Maulida, A., Rahmatulloh, A., Ahussalim, I., Mulia, R. A. J., & Rosyani, P. (2023). Analisis Metode Forward Chaining pada Sistem Pakar?: Systematic Literature Review. Jurnal Manajemen, Ekonomi,Hukum, Kewirausahaan,Kesehatan,Pendidikan Dan Informatika(MANEKIN), 1(04), 144–151.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171

Novendri. (2019). Pengertian Web. Lentera Dumai, 10(2), 46–57.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Rizkiyah, P. M. R., Putra, C. A., Assani’, S., & Hermanto, H. (2021). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Air HIPPAM Desa Leran Berbasis Web. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 131–144. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4313

Downloads

Published

07-12-2023

How to Cite

Putra, R. A., Khairunnisa, K., & Damayanti, F. (2023). Perancangan Game Quiz Aritmatika Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27832–27839. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11221

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check