Perancangan Alat Bantu Produksi untuk Menurunkan Tingkat Kecacatan pada Produksi Plat Baterai Accu di PT. TBP

Authors

  • Ahcmad Fauzan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Abdul Rahman Agung Ramadhan Universitas Gunadarma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11236

Keywords:

Diagram Fishbone, 5W1H, Cacat Produk, Perancangan Alat Bantu

Abstract

PT. TBP merupakan perusahaan yang memproduksi Baterai Accu untuk keperluan otomotif di Indonesia. Ada beberapa faktor yang dapat memperngaruhi kualitas suatu produk seperti tingginya jumlah cacat pada plat yang mengakibatkan gagal produk. Dengan menggunakan Diagram Fishbone dan Analisa 5W1H diharapkan dapat diketahui penyebab terjadinya plat bengkok dan memberikan usulan perbaikan kualitas dengan cara membuat alat bantu proses produksi agar menurunkan jumlah cacat pada plat. Teknik pengolahan data untuk menentukan faktor penyebab cacat produk paling tinggi yaitu dengan diagram sebab akibat fishbone serta membuat rancangan alat bantu untuk rekomendasi usulan perbaikan. Berdasarkan analisa dapat diketahui bahwa produk cacat paling dominan berasal dari cacat bengkok yang disebabkan karena masalah media yang digunakan yaitu pada saat memasukan plat ke dalam tanki tidak ada tatakan dibawah plat sehingga menyebabkan tumpukan plat bersentuhan langsung dengan rangkaian mesin dan juga tidak ada batas jumlah maksimum untuk menumpuk plat. Dari usulan alat bantu berhasil menurunkan total cacat bengkok di PT. TBP menjadi dibawah 2% per-bulan dari standar yang ditentukan oleh perusahaan.

References

Assauri.2017.Manajemen Operasi Produksi.Jakarta: Rajawali Pers

Eunika,et.al.2018.Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan.Malang: UB Press

Haryono.2015.Manajemen Produksi dan Operasi.Bekasi: Intermedia Personalia Utama

Kurniawan,Prihastono.2017.Jurnal Teknik Industri.Proses produksi bagian line other di PT Binia Busana Internusa (BBI) Semarang.

Rusdi,Sayuti.2017.Pengantar Sistem Manufaktur.Yogkarta: Deepublish

Saludin.2016.Rekayasa Sistem Manufaktur.Jakarta:Mitra Wacana Media

Downloads

Published

07-12-2023

How to Cite

Fauzan, A., & Ramadhan, A. R. A. (2023). Perancangan Alat Bantu Produksi untuk Menurunkan Tingkat Kecacatan pada Produksi Plat Baterai Accu di PT. TBP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27919–27924. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11236

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check