Story Telling sebagai Sarana Perkembangan Bahasa pada Anak

Main Article Content

Evi maylitha
Triana Lestari

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak dapat meningkatkan keterampilan anak dalam berbicara. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui mengenai kegiatan story telling yang dapat digunakan sebagai sarana dalam perkembangan bahasa pada anak. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis berbagai studi kepustakaan dari buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah. Metode yang dilakukan adalah dengan library research yang merupakan penelitian deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bercerita atau yang sering disebut dengan story telling ini dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada anak. Kegiatan story telling ini dapat memperkaya bahasa anak dan keterampilan anak bercerita. Hal ini tentunya didukung oleh faktor orang tua dan guru yang harus mampu melatih anak agar bisa mengembangkan dirinya untuk bercerita atau story telling, dan hal tersebut tentunya dapat berpengaruh serta meningkatkan perkembangan bahasa pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
maylitha, E. ., & Lestari, T. . (2021). Story Telling sebagai Sarana Perkembangan Bahasa pada Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1499–1502. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1128
Section
Articles of Research

References

Dickinson. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT.

Herdyansyah, Dwi Eko, dkk. Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Sekolah Dasar.

Rusniah, 2017. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhen Tahun 2015/2016. Jurnal Edukasi.

Merawati dan Farida Mayar. 2021. Strategi Story Telling dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak. Jurnal Basicedu Vol. 5 No. 2 Hal 706-716.

Fadlan, Achmad dan Dodi Harianto. 2019. Efektivitas Metode Bercerita dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1.

Soetjiningsih. 2014. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Kurniah, Nina. 2012. Pengembangan Bahasa Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Bachir, Bachtiar S. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak dan Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas.

M. Rais Salim. 2019. Penerapan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD GMIH L.O.C Kabupaten Morotai.

Musfiroh, T. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Universitas Terbuka.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>