Membangun Karakter Bangsa Generasi Muda Melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Main Article Content

Sania Amaliyah
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter pribadi generasi muda. Pendidikan kewarganegaraan memfokuskan pada pembentukan warga negara yang mampu melaksanakan hak dan kewajiban menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai yang diamanatkan dalam Pancasila dan UUD 1945. Akan tetapi, pembelajaran pendidikan kewarganegaran selama ini berjalan secara verbalisitik dan hanya berorientasi semata-mata kepada penguasaan isi dari mata pelajaran kewarganegaraan. Praktek pembelajarannya pun hanya difokuskan agar peserta didik menguasai informasi yang terkandung dalam materi pelajaran dan kemudian dievaluasi seberapa jauh penguasaan tersebut dengan cara ujian tulis semata. Pendidikan kewarganegaraan diberikan kepada peserta didik pada dasarnya yaitu agar dapat menjadikan warga negara yang baik (good citizen) yang mampu mendukung bangsa dan negara. Pendidikaan kewarganegaraan pun diharapkan dapat berperan dalam pembangunan dan pengembangan karakter bangsa. Maka dari itu sangatlah penting kontribusi pendidikan kewarganegaraan ini agar dapat mengarahkan generasi penerus bangsa untuk berpartisipasi aktif mengusung pembangunan dan pengembangan karakter bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amaliyah, S., & Dewi, D. A. . (2021). Membangun Karakter Bangsa Generasi Muda Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1555=1559. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1130
Section
Articles of Research

References

Akbal, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 485-493).

Ananda, A. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Demokrasi, 11(1).

Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).

FALAQ, Y. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan.

Fauzi, I & Srikantono. (2013). Pendidikan Kewarganegaran (Civic Education). Jember: Superior “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial”

Ilma, N. (2015). Peran pendidikan sebagai modal utama membangun karakter bangsa.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84-92.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27-33.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3.

Nasozaro, H. O. (2019). Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Warta Dharmawangsa, (62).

Rahmatiani, L. (2020, September). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter bangsa. In Seminar Nasional Kewarganegaraan (Vol. 2, pp. 87-94).

Ronaldo, R., Hambali, H., & Eddison, A. E. Studi Tentang Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA/Ma Sederajat Muhammadiyah Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Tuhuteru, L. (2017). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Peningkatan Pembentukan Karakter Bangsa di Tengah Arus Globalisasi.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winarno. (2007). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Surakarta: Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>