Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online pada Minat Belajar Anak Semasa Pembelajaran Daring

Main Article Content

Siti Fadia Nurul Fitri
Triana Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari bermain game online terhadap minat belajar siswa selama pandemi Covid-19. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi, semakin memudahkan anak untuk mengakses segala hal. Mulai dari mengakses bahan pembelajaran sampai mengakses aplikasi game online. Namun seperti yang kita ketahui, anak-anak cenderung lebih senang mengakses game online dibandingkan mengakses bahan pelajaran yang diberikan oleh guru. Dan biasanya ini terjadi karena anak merasa jenuh apabila materi pembelajaran yang diberikan hanya dengan cara ceramah dari guru. Anak akan lebih cepat bosan dan akhirnya lebih memilih bermain game online. Hal ini mengakibatkan menurunnya minat belajar dari anak itu sendiri. Oleh karena itu, sebagai calon pengajar dan juga pengajar, harus bisa menentukan metode pembelajaran yang dapat menarik minat belajar anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian telaah pustaka yang bersumber dari artikel-artikel ilmiah, jurnal ilmiah, dan hasil-hasil penelitian dalam bentuk skripsi, tesis, dan sumber relevan lainnya.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurul Fitri, S. F. ., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online pada Minat Belajar Anak Semasa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1530–1533. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1132
Section
Articles of Research

References

Ramdani, N. (2018). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN Bawakaraeng 1 Kota Makassar. (Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018).

Koi, S. Sudiawati, N. Lasri. (2017). Pengaruh Permainan Game Online Terhadap Aktivitas Belajar Pada Anak Usia Sekolah Kelas III dan IV SDN Merjosari 1 Malang. Nursing News. 2(1).

Ilham, R. (2020). Pengaruh Game Online dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI MA Ikhlas Beramal Ani. (Institut Agama Islam Negeri Ambon.

Suparni. Handayani, S. (2018). Analisa Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Journal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 10(2).

Sari, I. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Siswa di Kelas V SDN 99 Kota Bengkulu.

Harahap, S. Ramadan, Z. (2021). Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(3).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>