Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Main Article Content

Yhesa Rooselia Listiana

Abstract

Globalisasi  merupakan sebuah proses hilangnya batasan antar masyarakat dunia. Di jaman globalisasi seperti sekarang ini sangat banyak budaya yang masuk dan berkembang di Indonesia. Baik budaya yang berdampak baik dan berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Adaya globalisasi harus disertai dengan sikap bijaksana agar dapat termanfaatkan dengan baik dan dapat menjadi pengetahuan yang berdampak positif bagi kita. Globalisasi ini menyangkut berbagai aspek dalam kehidupan manusia, baik sosial, ekonomi, politik, dan pendidikan. Karena menyangkut berbagai aspek maka globalisasi sangat mempengaruhi dan mengubah tatanan hidup manusia. Karena adanya globalisasi ini juga membuat karakter dan kualitas pendidikan kita menjadi berubah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Listiana, Y. R. . (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134
Section
Articles of Research

References

Anwar, S. PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP HAK DAN KEWAJIBAN NEGARA INDONESIA.

Khalda, R. A., & Nurani, F. Peran Tanggung Jawab dan Kesadaran Masyarakat Indonesia Terhadap Budayanya dalam Era Globalisasi.

Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam dalam arus globalisasi: Sebuah kajian deskriptif analitis. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 259-278.

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194.

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).

Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(tersedia di http://komunikasi. uinsgd. ac. id).

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75-99.

Salim, K., Sari, M. P., Islam, J. M. P., & Riau, S. A. K. (2014). Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan. Makalah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, STAI Abdurahman Kepulauan Riau. Page,

Septanto, H. (2016). Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis TIK ala Gojek dan Grabbike. Bina Insani ICT Journal, 3(1), 213-219. 1-11.

Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah. CIVIS, 2(1/Januari).