Penerapan Nilai Karakter Ingin Tahu pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19

Authors

  • M. Fahmi Iskandar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Daring

Abstract

Penelitian ini bertolak dari rumusan masalah yakni apakah siswa kelas 6 SD Negeri 2 Cisaat memiliki rasa ingin tahu untuk menggali materi diluar pembelajaran yang telah diberikan guru. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif non eksperimen. Data dikumpulkan dengan cara survei dengan cara membagikan kuesioner melalui grup whatssapp berupa link google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89.9% atau sama dengan 34 dari 38 siswa kelas 6 SD Negeri 2 Cisaat memiliki rasa ingin rahu. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa  sebanyak 34 siswa memiliki rasa ingin tahu untuk menggali informasi. Tidak hanya informasi mengenai materi pembelajaran, materi diluar pembelajaranpun menjadi hal yang diminati untuk digali oleh siswa tersebut. Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan rasa ingin tahu mereka.

References

Azanella, L. A. (2020). Apa Itu PSBB Hingga Jadi Upaya Pencegahan Covid-19. Retrieved May 23, 2021, from Kompas.com: https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2020/04/13/153415265/apa-itu-psbb-hingga-jadi-upaya-pencegahan-covid-19?espv=1.

Bestari, N. P. (2020). Pertama dalam Sejarah, Sekolah Tutup Beralih ke Online. Retrieved May 23, 2021, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201231175605-37-212819/2020-pertama-dalam-sejarah-sekolah-tutup-beralih-ke-online.

Fauzi, A. R., Zainuddin, & Atok, R. A. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36.

Hasan, S., & dkk. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: KEMENDIKNAS.

JHU CSSE COVID-19 Data dan Our World in Data. Data diperbaharui 21 Mei 2021.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41-54.

Silmi, M., & Kusmarni, Y. (2017). Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle. Factum, 6(2), 230-242.

Tirziu, A. M., & Vabrie, C. (2015). Education 2.0: E-Learning Methods. Social and Behavioural Sciences, pp. 376-380.

Wikipedia, The New York Times, JHU CSSE COVID-19 Data dan Our World in Data. terakhir diperbarui 23 Mei 2021 pukul 19.00 WIB.

World Health Organization (WHO). (2019). Corona Virus. Retrieved May 23, 2021, from Corona Virus: https://who.int?health-topic/coronavirus.

Downloads

Published

25-05-2021

How to Cite

Iskandar, M. F. ., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Karakter Ingin Tahu pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1683–1688. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1159

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check